Cara Mengatasi Penuaan Dini Pada Wajah Dengan Bahan Alami

Cara mengatasi penuaan dini – Mengalami proses penuaan adalah sebuah hal yang pasti, ini merupakan hukum alam yang tidak bisa kita lawan. Penuaan adalah hal yang harus kita terima, akan tetapi manusia bisa berkihtiar agar proses penuaan itu tidak begitu cepat. Banyak kasus terjadi penuaan dini, yaitu penuaan yang memang sebetulnya belum waktunya. Biasanya mulai terjadi ketika menginjak usia 30 tahun keatas. Ciri-ciri penuaan adalah munculnya kerutan-kerutan di wajah dan tampak kering diiringi semakin berkurangnya minyak wajah.

Banyaknya kasus penuaan dini sisebabkan oleh factor asupan makanan yang kurang baik dan juga factor stress. Jika makanan yang dikonsumsi kurang menyehatkan apalagi jarang memakan makanan yang dibutuhkan oleh kulit seperti buah dan sayuran maka peluang penuaan dini akan lebih besar. Apadan lagi jika ditambah beban pikiran atau stress yang berkepanjangan, ini akan menyebabkan penuaan dini lebih cepat. So, pastikan minimal asupan makanan ditingkatkan dan tingkat stress dikurangi ya.

Pada tulisan ini hanya akan fokus kepada cara mengatasi penuaan dini dengan bahan-bahan alami, yaitu berupa resep atau ramuan yang akan dijadikan masker untuk wajah. Nantiny anda bisa pilih masker mana yang anda sukai.

Beberapa Masker Alami Untuk Mengatasi Penuaan Dini

Cara Mengatasi Penuaan DIni Pada Wajah

1. Susu dan Madu

Susu dan Madu sudah tidak asing lagi digunakan dalam perawatan kulit terutama kulit wajah. Susu yang mengandung asam laktat berfungsi untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada di dalam pori-pori. Sedangkan madu berfungsi untuk menutrisi kulit dan mempertahankan kelembaban serta menjaga elastisitas atau kekenyalan kulit.

Cara membuat maskernya adalah siapkan 1 sdm (15 ml) madu dan setengah sdm susu segar (7,5 ml). Kemudian dicampurkan hingga merata. Oleskan ke wajah sambil melakukan pijatan halus. Lalu diamkan kurang lebih 30 menitan. Kemudian bilas dengan air hangat

2. Minyak Zaitun Dan Lemon

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang memiliki antioksidan tinggi. Antioksidan berfungsi membuang racun dari kulit dan memperlambat penuaan. Selain itu mengandung vitamin E yang dibutuhkan oleh kulit. Sedangkan lemon adalah sumber vitamin C tinggi yang berguna untuk meremajakan kulit dan menjaga kesegaran kulit.

Cara membuat ramuannya yaitu siapkan 1 sdm minyak zaitun, perasan lemon secukupnya, putih telur, ½ cangkir oatmil instan yang sudah dimasak terlebih dahulu dan ditiriskan. Kemudian aduk hingga merata lalu oleskan keseluruh bagian wajah termasuk bagian leher. Diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas dengan air hangat.

3. Madu dan Jahe

Untuk mencegah penuaan dini, berikutnya Anda bisa mencoba ramuan madu dan Jahe. Jahe juga bisa  digunakan sebagai masker untuk mencegah penuaan dini dan menghilangkan keriput di wajah. Cara membuatnya yaitu. Cara membuatnya adalah parut jahe hingga halus lalu campurkan dengan madu. Oleskan campuran tersebut kebagian-bagian yang ada keriputnya. Contoh di bagian bawah mata dan di bagian dahi. Untuk jahe ini sifatnya hangat jadi hati-hati jangan sampai masuk ke mata ya

Itu adalah beberapa pilihan masker sebagai cara mengatasi penuaan dini pada wajah. Sekali lagi saya ingatkan, agar penuaan dini tidak terjadi atau bisa diminimalisir harus mulai diperbaiki dari pola hidup yang baik. Mulailah sering mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung antioksidan tinggi yang berasar dari sayur dan buah. Seperti misalnya paprika, brokoli, buah berry dan lain-lain. Karena antioksidan akan membuang racun dan membantu pembentukan kolagen yang baru di kulit.

Jangan lupa juga kulit anda harus terhidrasi dengan baik jangan sampai mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Hal ini akan berpengaruh juga terhadap kulit. Kulit yang tercukupi asupan airnya akan terlihat lebih segar dan mencegah penuaan dini. Oleh karena itu minumlah air setiap hari 2 liter, setara dengan 8 gelas perhari. Semoga bermanfaat