Manfaat Daun Sirih Merah Yang Mungkin Anda tidak Tahu

Manfaat Daun Sirih Merah - Daun sirih memang sudah dikenal di masyarakat luas sebagai daun yang bisa dijadikan obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Daun sirih ini banyak dijadikan ramuan tradisional yang diturunkan secara turun temurun dari leluhur kita. Oleh karena itu mari kita lihat seberapa dahsyat manfaat daun sirih itu. Namun sebelum kita lebih jauh membahas manfaat daun sirih, maka pada tulisan ini hanya akan dibahas manfaat daun sirih merah. Hal ini karena daun sirih itu ada yang hijau dan ada yang merah. Bisa jadi untuk daun sirih merah ini belum banyak orang yang mengetahuinya, karena yang banyak ditemukan adalah daun sirih yang berwarna hijau. Daun sirih merah berbentuk hampir seperti hati dan daun berwarna agak kemerahan (merah tua) dan biasanya cocok berkembang di dataran tinggi.

Sebelum mengetahui manfaat daun sirih merah, mari kita lihat kandungannya dulu

manfaat daun sirih merah

Berdasarkan hasil uji laboratorium, daun sirih merah itu ternyata  mengandung berbagai macam Zat-zat kimia yang bermanfaat. Adapun kandungan yang dapat kita peroleh dari tumbuhan ini yaitu : allylprokatekol, alkaloid, kandungan cineole, kandungan ekstragol, eugenol, fenil propoda, ekstragol, minyak astsiri dan masih banyak kandungan dari daun sirih merah lainnya yang bermanfaat. Mungkin anda tidak kenal dengan istilah-istilah dan nama-nama kandungan pada daun sirih, tapi yasudahlah yang penting sekarang ini adalah kita tahu apa manfaatnya. Mungkin jika anda orang ahli di bidang kimia anda pasti kenal istilah-istilah tersebut ya.

Beberapa Manfaat daun sirih merah adalah sebagai berikut:

  • Daun sirih terkenal sebagai obat untuk mengatasi keputihan dan bau pada daerah kewanitaan. Untuk pengobatan tradisional biasanya daun sirih ini direbus sekitar 7-10 lembar lalu air rebusan didinginkan dan dijadikan pembasuh daerah kewanitaan.
  • Daun sirih merah juga bisa dijadikan obat kumur untuk membuat mulut menjadi segar dan menghilangkan bau mulut. Oleh orang tua jaman dahulu daun sirih dijadikan ramugan untuk membersihkan gigi dengan metode “nyisig”.
  • Daun sirih merah bisa dijadikan sebagi anti oksidan, bisa dijadikan anti kanker alami, sebagai anti inflamasi, anti septic dan anti diabatic. Kenapa daun sirih ini bisa dijadikan obat untuk masalah kesehatan di atas? Karena daun sirih merah mengandung zat plavonoid dan polifenol.
  • Daun sirih merah diketahui memilik zat yang bernama alkanoid yang bisa berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.
  • Selanjutnya daun sirih juga mengandung zat kalvakol yang bisa berfungsi sebagai desinfektan dan anti jamur. Jika anda terjatuh lalu terluka maka air perasan daun sirih ini bisa dijadikan desinfektan untuk membunuh kuman. Memang akan sangat terasa perih di luka tapi luka akan cepat sembuh
  • Kandungan senyawa kimia tanin juga terdapat dalam daun sirih merah, ini terutama berfungsi untuk penyembuh diare atau mencret dan juga sebagai penyembuh luka sayat di kulit.
  • Ada juga yang menggunakan daun sirih sebagai pembersih mata. Caranya daun sirih di remas-remas lalu campurkan dengan air bening, kemudian masukan mata kedalam wadah berisi air campuran daun sirih lalu mata dikedip-kedipkan dalam air yang ada di wadah tersebut. Untuk cara ini memang sangat membuat mata perih, tapi setelah itu mata terasa segar dan bersih.

Masih banyak sebetulnya manfaat daun sirih merah yang belum dituliskan. Itu hanya beberapa saja tentang manfaat daun sirih merah.

Semoga artikel tentang manfaat daun sirih merah ini bermanfaat