Cara Memelihara Ikan Koi

Cara Memelihara Ikan Koi - Ikan koi merupakan salah satu ikan yang dijadikan hiasan yang indah di dalam kolam. Ikan koi memiliki keindahan tersendiri, apalagi bagi para pecinta ikan koi termasuk Anda mungkin, pastinya sangat menginginkan ikan koi terpelihara dengan baik. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam cara memelihara ikan koi, yaitu perhatikan kolamnya, perhatikan pakannya.  Kolam merupakan tempat hidupnya ikan, tentunya harus ada airnya ya. Nah supaya ikan koi terpelihara dengan baik tentunya anda harus tahu terlebih dahulu cara merawat kolam ikan koi tersebut. Hal ini penting karena kolam ikan koi yang tidak terawat akan terlihat kotor dan keruh bahkan bisa menyebabkan kematian pada koi kesayangan Anda.

Cara memelihara ikan koi mulai dari kolamya

cara memelihara ikan koi

Mari kita mulai dari memelihara kolamnya terlebih dahulu, karena banyak hal yang mengancam keindahan ikan koi yang berkaitan dengan kolam ikan.  Kolam ikan koi sebaiknya dibuat dari kolam semen. Kolam semen tersebut lebih baik lagi jika dilapisi cat khusus untuk kolam ikan koi, anda bisa cari dipasaran, banyak ko. Selanjutnya Anda harus memperhatikan juga ukuran kolamnya, usahakan minimal luas kolam untuk ikan koi adalah 1,5 m x 2 m dengan kedalaman kolam kurang lebih 50-80cm.

Ketika mengisi air kolam perhatikan jangan sampai mengisi air terlalu penuh hingga rata dengan bibir kolam. Buatlah ketinggian air dengan bibir kolam kurang lebih 25cm, hal ini dilakukan supaya ikan koi tidak loncat kedaratan dan juga aman dari gangguan kucing.

Selanjutnya perhatikan juga elemen-elemen untuk sirkulasi air kolam seperti lubang pembuaangan air dan kotoran, penyaring kotoran, dan airator untuk memberikan suplai oksigen ke kolam ikan. Hal ini penting untuk membuat ikan koi bisa tetap segar.

Letak kolam sebaiknya berada di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari. Kalaupun terpaksa harus di ruangan terbuka pakailah pelindung bisa dengan kanopy atau pun dengan pohon sebagai peneduh. Karena jika ikan koi sering terkena sinar matahari langsung menurut beberapa literatur, itu akan menyebabkan warna ikan menjadi pucat dan pertumbuhannya terhambat. Karena kolam ikan koi kedalamannya relatif dangkal.

Bagaimana cara memelihara ikan koi dari segi airnya?

Air yang masuk ke kolam ikan koi sebaiknya difilter dengan proses empat lapis filterisasi. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kelancaran air. Empat tingkat filter ini anda bisa buat sendiri.

Filter yang pertama yaitu susunan filter yang terdiri dari pasir, kerikil dan ijuk. Bahan-bahan ini berfungsi untuk menyaring sampah dan lumpur yang kemungkinan dibawa oleh air.

Filter yang kedua yaitu diberikan zeolit yang berfungsi untuk menghilangkan racun, bau tak sedap dan juga bisa membunuh kuman penyakit. Zeolit ini bisa dengan mudah anda dapatkan di pasaran.

Filter yang ketiga yaitu dengan menggunakan bahan pestisida yang khusus yang tidak mematikan bakteri pengurai yang berperan dalam proses penjernihan air kolam, anda bisa tanyakan ke orang yang bergelut di bidang perkoian. Filter yang terakhir  berupa tanaman atau bebatuan yang dapat mengikat kotoran. Jika anda tidak ingin repot membuat sendiri alat filter anda bisa beli yang sudah jadi. Dengan adanya filter  sebetulnya air kolam tidak harus sering-sering dibersihkan. Yang harus sering dibersihkan adalah alat filternya.

Perhatikan derajat keasaman atau PH air, ini merupakan hal yang sangat penting. PH air yang cocok adalah 6,5-8,5.

Cara Merawat Ikan Koi dari Segi Pakan

Pakan koi juga harus diperhatikan, karena pakan yang benar akan membuat ikan koi semakin tampak indah dan berwarna terang. Pakan yang diberikan bisa berupa pakan buatan atau pakan alami. Pakan diberikan kepada ikan sehari dua kali.
Jenis pakan yang digunakan untuk pertumbuhan ideal ikan koi adalah wheat germ. Pakan tersebut terbuat dari bahan-bahan yang bergizi seperti gandum, tepung udang, tepung ikan dan bungkil kacang keledai eh kedelai. Selain itu wheat germ mengandung mineral seperti kalsium, choline, chloride, panthetonate, dan antioksidan. Selain itu mengandung berbagai vitamin.
Selanjutnya Anda harus perhatikan pakan yang berfungsi untuk mencemerlangkan atau mempertajam warna ikan koi. Perlu Anda tahu bahwa pada kulit ikan koi mengandung zat karoten yang menghasilkan warna merah dan warna kuning kehijauan.  Oleh karena itu untuk menambah kecemerlangan ikan koi sebaiknya ikan koi diberikan pakan yang mengandung beta karoten diantaranaya, wortel, ganggang, udang-udangan krill, salmo, kepiting, cacing rambut dan cacing darah. Untuk cacing biasanya ada orang yang menjual khusus. Semoga cara memelihara ikan koi ini bermanfaat