Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Mentimun Dan Madu

Bekas luka adalah hal yang umum di derita setiap orang, dalam hidup minimal ada beberapa kali kita akan mengalaminya. Langkah yang tepat adalah melakukan penanganan yang tepat, maka semua bekas luka, baik di tangan, di kaki, dan terlebih di badan bisa dihilangkan. Cara menghilangkan bekas luka pasti menjadi informasi yang banyak dicari, oleh karena itu artikel kali ini akan mencoba membahas cara alami untuk mengatasinya, agar badan kita bisa kembali mulus tanpa ada bekas berupa bekas luka yang mengganggu penampilan.

Walaupun kita tahu hal tersebut memang tidak mudah, tapi di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin. Yang terpenting adalah mengetahui cara menghilangkan bekas luka tersebut dan melakukan usaha terbaik agar bisa menghasilkan yang terbaik juga. Tapi, yang harus diperhatikan dalam mengupayakan sesuatu untuk tubuh kita adalah jangan pernah menggunakan produk yang belum terbukti keamanannya, karena dikhawatirkan nanti akan lebih banyak efek samping dibandingkan dengan manfaatnya. Yang terbaik adalah menggunakan bahan alami yang mudah didapat dan murah. Penasaran? Silahkan pelajari tentang pokok pembahasannya berikut ini!

  1. Cara Menghilangkan Bekas Luka Menggunakan Mentimun
cara menghilangkan bekas luka

Cucumis Sativus adalah nama latin dari bahan alami ini. Mentimun dikenal memiliki kandungan potassium dan vitamin C yang cukup tinggi, khasiatnya bagi tubuh adalah bisa menangkal aneka serangan radikal bebas. Selain itu, kandungan air pada mentimun cukup banyak, sehingga bisa memberikan kecukupan cairan tubuh dan juga menyegarkan saat dikonsumsi.

Selain semua kandungan di atas, Schlessinger, MD sebagai seorang ahli kulit dari Nebraska mengemukakan bahwa ada satu kandungan dari mentimun yang sangat berkhasiat untuk meningkatkan produktivitas kolagen serta mencegah penuaan dini yang disebut dengan Silika. Oleh karena itulah, banyak produsen produk perawatan wajah yang memanfaatkan mentimun sebagai bahan untuk pembuatan produk perawatan wajah, baik untuk melembabkan, mengencangkan, dan menghilangkan bekas luka.

Cara memanfaatkan mentimun untuk menghilangkan bekas luka sangat mudah sekali. Cukup dengan mencuci mentimun hingga bersih, memotongnya menjadi bagian kecil kecil, lalu hancurkan atau haluskan menggunakan blender (jika tidak ada blender, Anda boleh menumbuknya). Setelah potongan mentimun menjadi halus, kemudian oleskan kepada bagian tubuh yang memiliki bekas luka, dan biarkan olesan tersebut sepanjang malam. Cara ini memang cukup merepotkan, tapi kalau Anda memiliki kemauan yang kuat untuk menghilangkan bekas luka, dan melakukannya secara rutin dalam beberapa hari, maka ini adalah cara menghilangkan bekas luka yang cukup murah dan efektif dan secara bertahap bekas luka akan mulai menjadi samar dan hilang sama sekali.

  1. Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Memanfaatkan Madu

cara menghilangkan bekas luka

Cairan kental yang memiliki rasa manis ini bukan hanya nikmat dimakan, tetapi juga berkhasiat untuk menghilangkan bekas luka. Beberapa manfaat yang diberikan madu antara lain, meregenerasi sel kulit mati, mengurangi rasa nyeri, serta menghilangkan bekas luka. Penggunaan madu yang paling baik adalah jenis madu alami. Cara memanfaatkannya adalah dengan mengoleskan madu secara merata ke bagian tubuh yang memiliki bekas luka tersebut, diamkan kurang lebih 30 menit, lalu bilas dan bersihkan menggunakan air hangat. Anda bisa melakukan hal ini beberapa kali sehari sesuai dengan kesanggupan, namun dianjurkan untuk melakukannya 3 kali dalam sehari untuk hasil lebih optimal.


Dua jenis bahan alami, yaitu mentimun dan madu ini adalah bahan yang bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas luka. Walaupun cara ini terkesan kurang praktis, namun jika ditinjau dari segi keamanannya, maka kedua cara ini adalah yang paling terjamin. 

semoga artikel cara menghilangkan bekas luka ini bermanfaat