Mengenal Penyakit Miom atau Mioma dan Gejalanya

Miom/ Mioma adalah penyakit tumor yang tumbuh di daerah sekitar panggul.  Sebagian besar telah banyak yang ditemukan pada pemeriksaan panggul secara rutin. Gejala Miom yang timbul tergantung pada lokasi tumbuhnya, dan seberapa besar ukurannya. Namun pada kesempatan kali ini akan dijelaskan kasus miom yang terjadi pada umumnya.

Gejala awal adanya miom adalah pada saat menstruasi maupun di luar menstruasi terjadi pendarahan yanga lama dan banyak sekali. Lalu ada rasa nyeri akibat tekanan tumor, terputarnya tangal tumor, serta adanya infeksi pada rahim.

Mengenal Penyakit Miom atau Mioma dan Gejalanya

Penekanan pada organ di sekitar tumbuhnya tumor, seperti ureter, rectum, kandung kemih atau di bagian rongga pinggul yang lainnya, berdampak pada gangguan buang air kecil, buang air besar, gangguan ginjal, pelebaran pembuluh vena dalam panggul karena terjadi pembengkakan pada tangkal tumor.

Gangguan sulit hamil juga merupakan salah satu dampak karena adanya miom, hal itu disebabkan karena terjadi penekanan pada saluran indung telur, sehingga bagian bawah perut yang dekat pada rahim terasa kenyal.

Pada kasusnya, banyak sekali wanita yang menderita miom/ mioma merasakan nyeri karena miom mengalami proses degenerasi atau yang dikenal dengan kontraksi uterus yang berlebihan yang tumbuh pada rongga rahim. Oleh karena itu jenis mioma yang seperti ini seringkali menyebabkan pasangan suami istri mengalami kemandulan atau yang disebut dengan infertilitas. Hal itu disebabkan oleh terjadinya penyumbatan, gangguan implitasi pada endometrium dan gangguan yang lainnya.

Sedangkan penyakit miom/ mioma yang tumbuh pada uteri dapat menganggu kehamilan karena adanya gangguan pada plasenta, kelainan letak bayi terhalangnya jalan lahir, kelemahan pada saat kontraksi, pendarahan setelah melahirkan, gangguan pelepasan palsenta. Dan akibatnya yang terburuk adalah sering mengalami keguguran.

Oleh itu kehamilan dinyatakan dapat  memperparah miom/ mioma uteri. Karena saat hamil, mioma uteri akan terus membesar dan hal itu menyebabkan pendarahan dan rasa nyeri yang tak tertahankan.

Demikianlah sedikit informasi yang dapat diberikan pada dalam kesempataan ini mengenai penyakit miom. Mencegah lebih baik daripada mengobati karena kesehatan itu tak ternilai harganya.