Ini Dia Manfaat Sehat Berjalan Kaki

Dengan adanya begitu banyak jenis olahraga yang ringan hingga berat dan banyaknya alat olahraga yang sedang berkembang saat ini, berjalan kaki merupakan salah satu olahraga yang tak lagi diandalkan sebagai olahraga yang efektif dan bermanfaat. Padahal olahraga dengan berjalan kaki memiliki manfaat yang sama seperti olahraga lainnya yaitu bermanfaat bagi kesehatan.

Kita juga tak perlu mangatur waktu yang khusus saat melakukan olahraga berjalan kaki, tidak seperti melakukan olahraga yang lainnya seperti jogging di pagi hari atau fitness seminggu sekali. Olahraga bisa kita lakukan sewaktu-waktu seperti saat ingin memarkirkan kendaraan di mall, kita bisa memakirkan kendaraan sedikit jauh dari mall supaya kita bisa berjalan kaki kurang lebih 15 menit untuk sampai ke tempat tujuan.

Manfaat Sehat Berjalan Kaki

Manfaat Sehat Berjalan Kaki


Olahraga berjalan kaki tidak akan seperti olahraga lainnya yang cepat membuat terengah-engah, berjalan kaki dapat menguatkan otot, membantu pencernaan makanan serta dapat mengurangi rasa stress dan khawatir. Untuk itu melakukan olahraga berjalan kaki 15 menit saja per hari sudah cukup untuk menunjang kesehatan.

Dalam lima menit pertama saat berjalan kaki denyut nadi mengalirkan darah lebih cepat ke otot seluruh tubuh dan dapat meningkatkan denyut nadi. Kekakuan perlahan akan mulai menghilang karena sendi-sendi mengeluarkan cairan untuk melicinkan persendian.

Dalam menit ke 10, bisa membuat denyut nadi semakin meningkat lagi, pembuluh darah semakin melebar karena telah banyak melepaskan zat kimiawi dari dalam tubuh. Tekanan darah juga semakin meningkat dan membuat oksigen sampai dengan baik ke dalam otot sehingga membuat tingkat kerja otot semakin baik pula.
Dalam menit ke 20 suhu tubuh semakin meningkat karena darah lebih banyak mengalir ke dalam tubuh. epinephrine dan glukagon dilepaskan oleh tubuh sebagai bahan bakar untuk otot.

Dalam menit ke 45 perasaan khawatir dan stress akan hilang karena adanya hormon endorphin atau yang disebut hormon rasa senang yang secara otomatis dipasangkan oleh otak.

Nah sekarang sudah paham kan mengenai informasi pentingnya berjalan kaki. Semoga bermanfaat ya dan sampai bertemu kembali dalam kesempatan lainnya.