Bahaya Terlalu Sering Melakukan Kerokan bagi Kesehatan

Sebelum lebih jauh membahas tentang bahaya kerokan, akan dijelaskan terlebih dahulu tentang penyakit yang kita kenal dengan masuk angin. Ya, tentu saja kita melakukan kerokan saat mengalami masuk angin. Masuk angin adalah dimana kondisi kekebalan tubuh berkurang, badan berasa pegal-pegal, dan kondisi perut terasa tak nyaman. Kondisi perut yang tak nyaman ini biasanya setiap orang mengalami kondisi perut yang berbeda saat masuk angin seperti, perut kembung, perut begah, sakit perut yang mencengkram, bahkan diare.

Kerokan merupakan cara yang dilakukan sejak zaman dahulu untuk mengusir masuk angin, walaupun kerokan terbukti ampuh untuk mengusir masuk angin. Teryata, kerokan mempunyai dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Para ahli medis tidak menyarankan hal tersebut, karena saat kita mengerok tubuh, bagian pori-pori akan terbuka lebar karena efek gesekkan kulit dengan benda tumpul yang menimpulkan panas tubuh yang meningkat.

Bahaya Terlalu Sering Melakukan Kerokan bagi Kesehatan


Saat pori-pori membesar membesar akan memudahkan angin masuk kembali ke dalam tubuh. Termasuk bakteri dan virus yang terbawa oleh angin yang efeknya akan terasa pada tubuh kita beberapa hari kemudian.

Dan yang sangat memperihatinkan adalah di zaman sekarang teryata banyak juga orang-orang yang melakukan kerokan saat tubuh mengalami pegal-pegal, nyeri, dan kaku. Justru hal itu sangat fatal akibatnya.
Orang-orang cenderung akan merasa ketagihan saat melakukan kerokan, dan akan melakukan kerokan lagi dan lagi sehingga menyebabkan semakin banyaknya virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita. Untuk itu sebaiknya jangan membiasakan kerokan saat masuk angin.

Untuk memperkecil kemungkinan karena terlanjur melakukan kerokan sebaiknya tidak mandi dengan air hangat karena air hangat dapat membuat pori-pori semakin terbuka. Tapi yang perlu diperhatikan hindari melakukan kerokan. Bila masuk angin sebaiknya Anda minum obat dari resep dokter, minum minuman yang hangat, jaga kondisi tubuh tetap hangat.

Demikianlah informasi yang dapat diberikan dalam kesempatan ini, jaga terus kesehatan Anda karena mahal harganya. Dan selalu gunakan cara dan pengobatan yang benar. Semoga bermanfaat.