6 Cara Agar Wajah Tidak Kusam, Kering dan Berminyak

Cara agar wajah tidak kusam – Siapasih wanita yang tidak ingin wajahnya  bersih dan bercahaya, pasti semua wanita menginginkannya bukan? Karena kecantikan wanita pertama kali dilihat dari wajahnya. 2 faktor yang mempengaruhi kecantikan wajah seseorang yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Biasanya para wanita untuk mencarahkan kulit wajah lebih cenderung dan fokus kepada faktor eksternal saja yaitu bagaimana mencarahkan kulit wajah dari luar. Padahal faktor internal atau faktor emosional seseorang juga sangat berpengaruh terhadap penampakan kulit wajah.

Nah kali ini kita akan bahas dari dua faktor tersebut, yaitu cara agar wajah tidak kusam dengan perawatan dari dalam dan dari luar

Cara Agar Wajah Tidak Kusam – Faktor Eksternal

agar wajah tidak kusam

1. Gunakan Mouisturizer dan Suncreen Bila Sedang Beraktivitas di Luar Ruangan

Kenapa harus menggunakan mouisturizer dan sunscreen ? Alasannya sederhana, karena salah satu penyebab kulit kusam adalah ketika wajah langsung terkena sinar UV dari matahari. Jika Anda beraktifitas di luar ruangan maka akan sangat sulit untuk menghindari paparan sinar matahari. Solusinya adalah dengan menggunakan moisturizer dan sunscreen (sunblock), karena fungsinya adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu moisturizer juga bermanfaat untuk menutrisi kulit wajahmu. Jika kita beraktifitas di dalam ruangan cukup pakai mouisturizer saja.

2. Lakukan Penguapan Wajah

Jika Anda kesalon kecantikan biasanya ada teknik penguapan untuk mengangkat sel-sel mati dan kotoran dari wajah kita. Dengan penguapan maka pori pori kulit akan melebar dan akhirnya akan mudah untuk mengangkat berbagai kotoran di wajah. Prinsip penguapan sebetulnya sederhana, yaitu wajah kita dikenakan uap air. Nah dengan prinsip sederhana ini sebetulnya kita tidak perlu kesalon dan bayar mahal untuk penguapan, kita bisa melakukannya dirumah dengan cara yang sederhana.

Caranya adalah sediakan satu mangkok air panas (pastikan sudah mendidih). Usahakan mangkoknya yang kecekungannya dalam, sehingga uap bisa lebih terpusat di permukaan mangkok. Kemudian posisikan wajah kita tepat di atas uap air. Rasakan panasnya uap sampai terasa pori-pori kita melebar, atau kurang lebih sampai uap airnya berkuranga. Lalu bersihkan wajah Anda untuk mengangkat kotoran wajah. Dengan penguapan sel kulit mati, minyak dan kotoran di wajah akan lebih mudah terangkat.

3. Gunakan Masker Putih Telur

Putih telur sudah digunakan semenjak zaman dahulu untuk bahan alami perawatan wajah. Untuk khasiat yang lebih baik maka tambahkanlah sedikit madu. Cara pembuatannya adalah ambil putih telurnya saja kemudian simpan di pisin atau piring lalu tambahkan madu secukupnya. Aduk hingga merata.

Setelah merata, ambil kapas dan basahi kapas dengan masker tersebut, lalu tempelkan di bagian yang banyak komedo di hidung. Untuk area wajah yang lain, cukup di oleskan saja secara merata lalu kemudian di bilas setelah kering. Fungsi putih telur adalah untuk merekat kotoran dan mengencangkan kulit, sedangakan madu untuk menutrisi kulit wajah.

Cara Agar Wajah Tidak Kusam – Faktor Internal


4. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Tidak diragukan lagi, Sayur dan buah mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan kulit. Anda bisa lihat dan bisa membedakan orang yang sering makan sayur dan buah dengan orang yang jarang. Orang yang sering makan sayur dan buah kulitnya akan terlihat lebih segar daripada yang tidak makan buah dan sayur. Jika Anda adalah tipe orang yang malas makan sayur dan buah maka mulai sekarang sayur dan buah harus menjadi makanan keseharian Anda.

5. Rutin Berolahraga

Salah satu tips agar wajah tidak kusam adalah dengan cara rutin berolahraga. Kenapa harus rutin? Karena jika tidak rutin atau hanya sekali-sekali saja berolahraga maka efek dari olahraga tidak akan terasa. Lebih baik olahraga sedikit tapi rutin setiap hari. Minimal dalam seminggu itu harus 3 kali olahraga. Selain menyehatkan kulit juga menyehatkan tubuh.

Dengan olahraga maka pori-pori kita akan mengeluarkan keringat, dan ini bagus untuk keshatan kulit wajah kita. Selain itu dengan olahraga juga akan membuat sirkulasi oksigen didalam tubuh menjadi lancar, sehingga pasokan oksigen ke wajahpun mencukupi dan membuat wajah menjadi cerah.

Manfaat besar lain dari berolahraga adalah diproduksinya hormon dompamine yatu hormon kesenangan yang akan membuat tubuh kita terasa rileks dan bergairah hidup. Dengan diproduksinya hormon ini tetntunya tubuh kita akan lebih sehat.


6. Kurangi Stress

Banyaknya kegiatan yang menumpuk setiap hari mulai dari urusan kerjaan sampai urusan rumah tangga tidak jarang membuat para wanita stress.  Memang kita tidak bisa menghindari stress 100 persen. Akan tetapi stress bisa dikurangi. Orang yang stress kondisi tubuhnya negative sehingga akan berpengaruh terhadap roman wajahnya. Wajah akan terlihat kusam ketika kita stress.

Lalu bagimana cara mengurangi tingkat stress? Untuk menguranginya dibutuhkan latihan. Latihlah pikiran Anda untuk mengabaikan hal-hal yang yang sebetulnya tidak perlu dipikirkan. Tingkatkan kapasitas pikiran dan perasaan Anda dengan sering memberikan asupan batin. Asupan tersebut bisa Anda dapatkan dengan membaca, menonton atau mendengarkan hal-hal yang positif dan membangun diri. Contoh baca buku pengembangan diri, nonton acara-acara motivasi, ikut seminar motivasi dan lain-lain.

Nah itulah 6 cara agar wajah tidak kusam mulai dari luar hingga kedalam. Perhatikan faktor internal juga ya, karena pengaruhnya sangat besar terhadap kecantikan wajah  Anda, Semoga bermanfaat