Manfaat Kulit Buah Manggis Yang Ajib

Sobat semua, jangan spelekan hasiat kulit buah manggis yang sering kita buang. Ternyata kandungan kulit buah manggis mengandung obat alam yang sangat mujarab untuk mengobati berbagai penyakit, bahkan penyakit-penyakit ganas. Sebelum kita bahas manfaat kulit buah manggis yuk kita ambil pelajaran dulu dari buah manggis. Sobat, buah manggis adalah buah yang jujur, kenapa? Jika anda ingin tahu berapa banyak isi manggis maka anda tinggal lihat saja bagian bawah buah manggis dan hitung ada berapa buah ukiran yang membentuk seperti bunganya. Jika ada 6 pasti di dalamnya 6 buah juga. Kalo mau belajar kejujuran belajarlah sama manggis ya.

Apa saja sih manfaat kulit buah manggis ?

khasiat kulit buah manggis

Oke, mari kita lihat dulu kulit manggis itu mengandung zat apa saja sih? Yang paling terkenal dari manggis adalah kandungan XANTHONE nya. XANTHONE merupakan senyawa kimia alami yang tergolong senyawa polyhenolic. XANTHONE  inilah yang dimiliki oleh kulit buah manggis yang berfungsi untuk memperbaiki sel yang rusak, membunuh penyakit dan melindungi sel-sel dalam tubuh. XANTHONE diperlukan dalam pengobatan penyakit jantung, aterosklorosis (plak pada pembuluh darah), trombosis dan hipertensi.

Manfaat kulit buah manggis lainnya adalah sebagai antikanker karena kulit buah manggis mengandung anti oksidan yang tinggi. Zat obat pada kulit manggis bisa mendorong sel kanker untuk melakukan pemusnahan sel kankernya atau istilahnya adalah apoptosis.

Selain itu kulit manggis juga berfungsi sebagai antiproliferasi yaitu sebagai zat yang dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Contoh kanker yang bisa dihambat oleh kulit manggis adalah kangker darah, kanker paru-paru, kankerpyudara, kanker usus besar dan kanker hati. Untuk yang menjalani kemotheraphi bisa dibantu dengan pengobatan kulit manggis.

Xanthone pada kulit manggis juga merupakan anti bakteri yang berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri jahat seperti bakteri penyebab TBC (mycrobacterium tubercolosis) dan penyebab infeksi dan gangguan pencernaan (staphylococcus aureus). Selain itu xanthone juga dipercaya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, karena fungsinya yang bisa menstimulasi dan mengurangi lemak dalam tubuh.

Kulit buah manggis juga bisa mencegah penuaan karena kandungan anti oksidan yang tinggi. anti oksidan pada kulit manggis bisa mengangkat sel-sel kulit yang mati dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Oleh karena itu jika anda rajin dan teratur meminum jus kulit manggis maka kulit anda akan menjadi kencang dan bisa awet muda.


Untuk penyembuhan penyakit dengan kulit manggis ada beberapa orang yang mengeluhkan tidak berhasil, nah disinilah perlunya peran keyakinan dan semangat untuk sembuh yang dipadukan dengan khasiat kulit manggis. Untuk sembuh tidak cukup hanya obat saja akan tetapi juga dibutuhkan motivasi dan semangat untuk kesembuhan. 

Itulah manfaat kulit buah manggis, semoga bermanfaat untuk anda