CARA MERAWAT KELINCI ANGGORA

Cara merawat kelinci anggora - Sekarang kita akan membahas bagaimana cara merwat kelinci Anggora dengan Baik. Untuk kelinci anggora memang membutuhkan perawatan yang cukup apik agar kelinci tetap sehat dan tetap terlihat cantik dan lucu. Untuk Anda para pecinta kelinci anggora pasti sudah faham bagaimana caranya merawat kelinci anggora dengan baik. Akan tetapi untuk Anda yang baru memelihara kelinci anggora pastinya perlu sebuah referensi tentang tata cara mengurus kelinci anggora

Tips ini juga diperlukan oleh Anda yang ingin berbisnis hewan lucu ini, sehingga Anda bisa mengurus dan merawat dengan baik. Jika kelinci terawat maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk membelinya. Semakin banyak pembeli maka Anda semakin untung.

Perhatikan Point Penting Dalam Cara Merawat Kelinci Anggora


cara merawat kelinci anggora

Yang perlu Anda perhatikan dalam perawatan kelinci anggora adalah sebagai berikut :

a. Ukuran kandang

Ukuran kandang yang direkomendasikan adalah 50 x 50 cm khusu untuk Anda yang ingin menggeluti bisnis. Nah dalam kandang ini sebaiknya disekat untuk memisahkan kelinci. Terutama kelinci jantan harus disekat supaya tidak berantem. Karena jika kelinci berantem mereka bisa sampai luka-luka.

Jika Anda memiliki tempat atau halaman yang luas itu lebih baik, kelinci bisa dibiarkan bebas berlarian seca alami. Anda bisa buatkan rumah kelinci yang berukuran kecil untuk tempat tidur dan berteduh mereka. Lebih baik lagi jika alasnya adalah rerumputan seperti rumput gajah atau rumput jepang. Ini untuk menjaga mereka tetap bersih. Hindarkan dari tempat-tempat yang becek.  Kelinci yang bergerak bebas, mereka cenderung tidak mengalami stress.

b. Kesehatan

Untuk menjaga kesehatan kelinci maka Anda harus rajin membersihkan kandang dari kotoran kelinci dan menjemurnya agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Lakukan paling lama 3 hari harus sudah dibersihkan. Setiap hari lebih bagus.  Berikan alas pada kandang sehingga kotoran lebih mudah dibuang dan kandang akan terlihat bersih.

c. Makanan

Menjaga pola makan kelinci anggora adalah salah satu hal yang paling penting untuk menjaga kesehatannya. Beri makanan dengan pola yang teratur. Makanan yang baik bagi kelinci ras adalah makanan yang tidak mengandung banyak air, karena jika mengandung banyak air urin akan menjadi bau dan timbul berbagai acam penyakit. Atur pola makannya, bisa dengan memberikan pada pagi dan sore atau sore dan malam. Sediakan tempat makan dan minum yang baik, agar makanan tidak tercampur dengan urin atau kotoran.

d. Kebersihan

Memandikan kelinci sesekali itu perlu untuk membersihkan kotoran yang tersembunyi di didalam rambut kelinci. Untu memandikan tidaklah sulit cukup memakai air hangat dan shampo. Sediakan air hangat kira-kira untuk mandi bayi agar tidak terlalu panas. Masukkan kelinci kedalam baskom yang berisi air hangat,  basahi lalu bersihkan dengan shampoo. Selanjutnya bilas sampai benar-benar bersih, pastikan shampoo tidak tertelan oleh kelinci karena shampo merupakan racun bagi kelinci. Keringkan dengan handuk, lalu beri bedak, berikan jenis bedak gatal atau bedak bayi, berikan setelah bulu kering yah.

Baca juga : Cara Memandikan Kelinci

e. Penyakit

Untuk mengetahui apakah kelinci Anda terkena penyakit atau tidak, perhatikan tingkah laku kelinci anda.  Jika terjadi perubahan fisik atau prilaku yang tidak biasa, segera cari tahu apakah penyebabnya. Beri obat dan perawatan sesuai dengan penyakit yang diderita. Penanganan secara dini pada penyakit dapat menyelamatkan kelinci dari bahaya. Jika penanganan terlambat penyakit yang diderita akan semakin parah dan dapat mengakibatkan kematian. Hubungi dokter hewan terdekat untuk mengetahui secara tepat tentang penyakit kelinci.

Nah itulah tips merawat kelinci anggora, intinya agar kelinci selalu sehat dan cantik, kita sebagai majikan harus disiplin merawat, jangan malas. Kalo malas lebih baik tidak usah pelihara kelinci anggora. Kasian soalnya kalo tidak dirawat. Mencegah lebih baik daripada mengobati.


ARTIKEL TERKAIT: