PENYEBAB PENYAKIT ASAM URAT

Penyebab asam urat – Kesalahan yang sering terjadi di masyarakat dalam mengobati penyakit adalah hanya fokus pada pengobatan tanpa tahu apa penyebabnya. Padahal yang sangat penting tentang penyakit adalah mengetahui penyebabnya agar kita bisa mencegah sejak awal. Begitupun asam urat tidak tiba-tiba muncul begitu saja, ada penyebab utama yang membuat seseorang terkena asam urat.

Asam urat sebetulnya adalah penyakit yang disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal menyaring zat purin, sehingga purin masuk kedalam darah dan sedikit demi sedikit mulai menumpuk dipersendian. Purin adalah protein dari makanan. Penumpukan purin pada sendi-sendi inilah yang akhirnya membuat radang yang rasanya panas dan sakit, inilah yang disebut dengan penyakit asam urat.

penyebab penyakit asam urat
ilustrasi asam urat


Beberapa Penyebab Penyakit Asam Urat


1. Makanan Mengandung Purin Tinggi

Faktor makanan merupakan faktor utama penyebab asam urat. Maka mulai saat ini kita harus memperhatikan makanan apa saja yang mengandung purin tinggi agar kita bisa menghindari penyakit asam urat. Jika Anda saat ini sedang terkena asam urat maka sangat penting untuk menghindari makanan berpurin tinggi

Lalu apa saja makanan yang mengandung purin tinggi? jeroan hewan (ginjal, hati, jantung), hidangan laut (kerang-kerangan, kepiting, ikan teri, ikan makarel), dan daging merah (sapi, kambing, kerbau), bebek, makanan kaleng, kacang-kacangan, keju, telur, santan, mentega, durian, daun singkong, daun papaya dan lain-lain.

Selain makanan minuman juga bisa menjadi penyebab asam urat, yaitu minuman manis (baik gula buatan atau alami), soft drink dan minuman beralkohol. Oleh karena itu batasi minuman manis yang Anda konsumsi.

2. Kurang Minum Air Putih

Minum air putih minimal 2 liter sehari harus terpenuhi agar tubuh kita sehat. 2 liter setara kurang lebih 8 gelas. Masih banyak yang menyepelekan pentingnya minum air putih, malah lebih senang minum minuman botol dan kaleng, kopi, teh. Padahal secara perlahan-lahan akan merusak fungsi ginjal.  Ginjal yang kekurangan air putih akan sangat berat dalam proses menyaring purin dari makanan. Lama-kelamaan ginjal akan rusak dan tidak dapat menyaring purin, dan purin masuk kedalam darah.

Tips agar kita bisa mengukur apakah kita sudah minum 2 liter perhari, gunakan botol minum yang isinya 2 liter atau yang 1 liter 2 botol. Jadi jika minuman dalam botol belum habis maka kita belum memenuhi minum 2 liter per hari

3. Jarang Olahraga

Kurang atau jarang olahraga sebetulnya bukan hanya berpengaruh terhadap asam urat, tapi berpengaruh terhadap timbulnya berbagai penyakit. Ketika jarang berolahraga maka daya tahan tubuh akan lemah dan mudah terserang penyakit.

Dengan olahraga kita akan mengeluarkan keringat yang merupakan salah satu hasil dari sistem sekresi tubuh. Olahraga membuat sel-sel di dalam tubuh menjadi kuat.

Jika Anda sudah terkena asam urat, maka selain mengkonsumsi herbal harus dibantu dengan olahraga. Olahraga yang ringan saja. Cukup jalan pagi minimal 20 menit sehari, insyaalah akan mepercepat proses penyembuhan.

ARTIKEL TERKAIT: