6 Makanan Pantangan Asam Urat

Makanan pantangan asam urat - Saat ini banyak masyarakat yang bertanya apa saja makanan pantangan asam urat. Banyaknya yang bertanya makanan pantangan asam urat membuktikan bahwa semakin kesini semakin banyak masyarakat yang terkena asam urat.  Faktor terbesar penyebab asam urat adalah dari makanan dan pola hidup tidak sehat.  Berikutnya adalah factor genetic atau keturunan. Jadi jika Anda punya orang tua, kakek atau nenek yang mengalami asam urat ada kemungkinan Anda juga rentan terserang asam urat. Namun jangan khawatir meskipun ada factor  keturunan masih bisa diatasi selama menerapkan pola hidup sehat. Utamanya menghindari makanan-makanan pantangan asam urat

Beberapa Makanan Pantangan Asam Urat Yang Wajib Anda Tahu

makanan pantangan asam urat

Pada umumnya makanan yang menjadi pantangan adalah makanan-makanan yang memiliki kandungan purin tinggi. Biasanya makanan-makanan yang mengandung kolesterol dan protein tinggi. Berikut adalah makanan-makanan yang menjadi pantangan asam urat :

1. Jeroan

Di masyarakat kita yang namanya jeroan merupakan salah satu makanan pavorit, karena rasanya yang sangat gurih dan enak. Semua hewan ternak yang diperdagangkan untuk dikonsumsi dagingnya aka nada produk sampingannya yaitu jeroan, mulai dari usus, ati, ampela, paru, jantung dll. Dengan alasan ekonomis maka jeroan inipun dijadikan komoditi yang memang banyak peminatnya. Sudah gurih, harganya juga sangat murah.

Jika Anda saat ini adalah para penyuka jeroan, waspadalah. Karena ini merupakan makanan yang sangat berpengaruh besar terhadap timbulnya penyakit asam urat. Ingatlah bahwa dengan menkonsumsi jeroan anda sedang berenang-renang kehulu berakit-rakit kemudian, bersenang-senang dahulu bersakit sakit kemudian.

Jeroan mengandung banyak kolesterol dan lemak, yang jika dikonsumsi akan memberatkan kerja ginjal. Lama kelamaan ginjal bisa rusak karena diberikan beban yang berat. Kerusakan pertama yaitu ginjal tidak dapat menyaring purin (protein) yang akhirnya purin tersebut masuk ke dalam darah. Purin tersebut ikut dengan aliran darah dan akhirnya menumpuk pada persendian kaki dan tangan. Ketika terjadi penumpukan purin pada sendi maka berikutnya akan terasa sakit yang luar biasa disertai panas.

Maka mulai saat ini hindari atau minimalisir konsumsi jeroan ayam, jeroan sapi, jeroan kambing dan jeroan-jeroan lainnya. Sebetulnya tidak menghindari makanan tersebut juga tidak apa-apa, tapi resiko tanggung sendiri ya :D.

2. Sea Food

Beberapa jenis seafood terutama yang banyak dijual banyak di masyarakat, mengandung zat purin yang cukup tinggi. Seafood memang rasanya sangat gurih dan enak, oleh karena itu banyak banget yang suka meskipun harganya relative mahal. Bukan berarti tidak boleh makan seafood tapi harus dikendalikan. Apalagi kalo lagi terserang asam urat jangan coba-coba deh. Tapi silahkan aja kalo mau coba, hehe..

Contoh seafood yang mengandung purin tinggi: kepiting, kerang, cumi, makarel, sarden , hering, kembung, teri, tenggiri. Jika ingin makan ikan makanlah ikan air tawar dan ikan laut seprti tuna dan salmon.

3. Daging-Dagingan

Daging-dagingan yang menjadi pantangan asam urat adalah daging merah (sapi), daging berlemak, daging kambing. Selain itu bebek pun termasuk daging yang menjadi pantangan asam urat karena mengandung protein tinggi. Kaldu daging yang kental pun masih masuk dalam kategori ini.

4. Sayur dan Buah

Tenang saja, tidak semua sayur dan buah adalah pantangan asam urat. Berikut adalah sayuran dan buah yang menjadi pantangan penderita asam urat : bayam, kembang kol, buncis, daun singkong, kangkung, daun papaya, jamur kuping, asparagus. Buah yang menjadi pantangan adalah buah Durian dan nanas.

5. Soft Drink Dan Minuman Beralkohol

Soft drink biasanya mengandung kadar gula yang tinggi. Selain itu jika diminum akan memperberat kerja ginjal. Apalagi minuman beralkohol pastinya akan merusak ginjal Anda.

6. Lain-lain

Makan pantangan asam urat lainnya yaitu : krim, mentega, es krim, keju, telur, santan. Jika sedang punya asam urat maka hindari dulu makanan-makanan tersebut agar tidak menambah parah penyakit asam uratnya.

Itulah beberapa makanan pantangan asam urat yang perlu Anda ketahui. Sebetulnya masih banyak makanan yang harus hati-hati mengkonsumsinya ketika lagi sakit asam urat. Patokan paling gampang, jika Anda mengkonsumsi suatu makanan lalu setelah itu intensitas sakit asam urat naik, maka makanan tersebut adalah makanan pantangan untuk asam urat. Semoga bermanfaat :)