3 Cara Mengatasi Rambut Kering Dan Bercabang

Cara Mengatasi Rambut Kering Dan Bercabang – Setiap wanita mendambakan rambutnya sehat dan terawat. Ciri rambut sehat adalah rambut yang lembab dan tidak bercabang. Tapi kenyataannya banyak wanita yang mengalami masalah pada rambut terutama rambut kering dan bercabang.

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi rambut kering dan bercabang, alangkah baiknya kita mengetahui dulu apa penyebab rambut menjadi kering dan bercabang. Karena jika kita mengetahui penyebabnya, akan lebih mudah untuk mengatasi rambut rusak yaitu dengan cara mencegah penyebabnya.

cara mengatasi rambut kering dan bercabang

Beberapa Penyebab Rambut Kering dan Bercabang

1. Kurang Nutrisi

Kekurangan nutrisi pada rambut akan menyebabkan rambut kering, kusam dan bercabang. Nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut adalah protein dan vitamin E. Kekurangan nutrisi ini banyak dialami oleh wanita, secara tidak sadar dibiarkan sehingga akhirnya kerusakan menjadi tambah parah. Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari telur, sayur-sayuran, buah dan kacang-kacangan. Pastikan setiap hari makan buah dan sayur. Maka berdisiplinlah untuk mengkonsumsi nutrisi-nutrisi tersebut.

2. Terlalu Sering Keramas

Keramas apalagi di daerah-daerah yang suhunya cukup panas memang menyegarkan. Tapi tahukah Anda bahwa terlalu sering keramas akan menghilangkan kelembaban rambut. Rambut akan menjadi kering dan mudah bercabang. Cukup keramas 2 hari sekali saja

3. Penggunaan Bahan Kimia dan Pengeringan Rambut Dengan Hair Dryer

Untuk memenuhi tuntutan tampil gaya dan modis tidak sedikit wanita yang menambahkan bahan kimia ke rambutnya dengan cara mewarnainya. Padahal bahan-bahan kimia ini bisa merusak rambut apalagi jika digunakan dalam jangka panjang. Selain itu pengeringan dengan hair dryer juga bisa merusak rambut.

4. Penggunaan catok

Untuk meluruskan rambut dengan instan memang dengan catok sangat efektif. Namun disamping itu akan memberikan efek kerusakan pada rambut apalagi jika sering mencatok rambut. Karena rambut menjadi pans

5. Terkena Sinar Terik Matahari

Terkena sinar matahari yang terik secara langsung jika sering terjadi ini juga akan mempercepat kerusakan pada rambut.

Beberapa Cara Mengatasi Rambut Kering Dan Bercabang

Dengan mengetahui penyebab-penyebabnya setidaknya kita bisa mengetahui apa yang sebaiknya kita hindari agar rambut kita tidak rusak. Nah berikut ini adalah beberapa tips dalam mengatasi rambut kering dan bercabang :

1. Menggunakan Pelembab Rambut

Untuk melembabkan rambut Anda bisa menggunakan pelembab atau conditioner pilihan Anda. umumnya conditioner digunakan setelah keramas yang berfungsi melembabkan dan memperhalus rambut anda. Setelah menggunakan conditioner anda harus Membilasnya sampai Bersih karena jika tidak, akan menyebabkan rambut anda susah diatur  dan cepat lepek. Tapi perlu diingat bahwa conditioner membantu melembabkan dari luar saja atau untuk sesaat. Yang paling penting adalah dari dalam yaitu dengan mencukupi nutrisi rambut (vitamin E).

2. Lakukan Pemotongan Rambut Panjang Secara Rutin

Jika anda memiliki rambut yang panjang maka sebaiknya anda sering memotong Bagian ujung rambutnya. Hal ini akan membantu dalam jangka pendek saja, karena jika tidak segera di selesaikan masalah dari dalam makan dipotong terus menerus nanti lama-lama jadi pendek rambutnya. Kembali lagi perbaikan rambut dari dalam tubuh.

3. Gunakan Masker Rambut Alami Untuk Hasil Maksimal
Untuk mengatasi rambut kering dan bercabang sebagiknya Anda memberikan treatment tambahan dengan menggunakan masker rambut yang dibuat dari bahan-bahan alami. Beberapa masker rambut yang sering digunakan diantaranya adalah minyak zaitun, alpukat dan  lidah buaya.

Selengkapnya silahkan di baca :

Pada dasarnya cara mengatasi rambut kering dan bercabang ada 2 hal utama. Satu, menghindari penyebab-penyebabnya. Dua, memenuhi nutrisi yang dibutuhkan rambut baik dari dalam maupun dari luar. Jika kedua-duanya bisa Anda lakukan dengan disiplin maka hadiah rambut yang sehat dan indah sudah menanti untuk Anda. Trimakasih semoga bermanfaat