Inilah Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat

Makanan Untuk Penderita Asam Urat - Asam urat terjadi karena adanya kerusakan ginjal yang tidak dapat menyaring purin sehingga purin tersebut akhirnya masuk ke dalam darah dan ikut mengalir ke seluruh tubuh. Purin tersebut akhirnya mengendap di persendian dan mengakibatkan rasa sakit yang luar  biasa. Purin berasal dari makanan yang kita makan, oleh karena itu kita harus tau mana saja makanan-makanan yang mengangdung purin tinggi dan tidak agar kita bisa memilih makanan untuk penderita asam urat. Jika sedang menderita asam urat maka harus dihindari makanan pantangannya, jangan sampai salah, makan karena akan berakibat semakin meningkatnya kadar asam urat dan semakin parah.

Lalu apa saja sih makanan yang baik untuk penderita asam urat ? Nah dalam tulisan kali ini akan dibahas mengenai makanan-makanan yang baik untuk penderita asam urat. 

Makanan Untuk Penderita Asam Urat

makanan untuk penderita asam urat

Beberapa makanan yang akan dijelaskan di bawah ini adalah sebagai referensi jika Anda sedang mengalami asam urat. Penting sekali untuk Anda mengetahuinya.

1. Buah Apel

Buah apel memiliki kandungan asam malat yang bisa membantu mengurangi asam urat. Oleh karena itu perbanyak makan buah apel. Usahkan minimal 1 hari makan buah apel 1 buah jika sedang terkena asam urat. Sambil menjalani pengobatan

2. Jeruk Nipis

Jangan spelekan khasiat dari jeruk nipis ini. Jeruk nipis rasanya memang asam akan tetapi sifatnya basa. Sehingga dengan sifatnya ini jeruk nipis bisa membantu menetralkan asam urat. Jeruk nipis ini tidak hanya bisa membantu dalam proses pengobatan asam urat, membantu juga meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung vitamin C dan mengandung antioksidan yang tinggi. Minumlah air perasan jeruk nipis satu gelas sehari, dicampur dengan air hangat. Cukup satu buah jeruk nipis yang berukuran kecil lalu peras di gelas dan tambahkan air hangat. Air jeruk nipis juga membantu pengobatan maag.

3. Buah Cerry

Buah cerry mengandung zat anti inflamasi sehingga membantu mencegah pengkristalan purin (asam urat) sehingga buah cerry ini termasuk makanan yang baik untuk penderita asam urat. Makanlah setidaknya 200 gram setiap hari untuk membantu mengurani rasa nyeri dan peradangan yang ditimbulkan oleh asam urat.

4. Makanan Yang Mengandung Potasium Tinggi

Potasium juga bisa membantu dalam penyembuhan asam urat, dan potasium bisa diperoleh dari makanan. Di sekitar kita sebetulnya banyak sekali makanan yang mengandung potasium tinggi. Contohnya adalah : pisang, tomat, kentang, yoghurt dan lain-lain.

5. Buah Yang Mengandung Vitamin C

Konsumsilah buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Tidak harus yang mahal-mahal, dan sebetulnya banyak di sekita kita. Buah yang mengandung vitamin C tinggi contohnya : pepaya, mangga, jeruk , jambu, stroberry dan lain-lain.


Itulah beberapa makanan sehat untuk penderita asam urat. Silahkan makan makanan apapun yang penting tidak mengandung purin yang tinggi. Anda masih bisa tetap makan karbohidrat seperti nasi dan roti.  Yang terpenting untuk penderita asam urat adalah harus menghindari makanan yang tidak boleh dimakan atau makanan pantangan asam urat. Hindarilah makanan-makanan seperti jeroan, lemak, santan, makanan kaleng, seafood, durian, nanas, dan lain-lain.