6 Cara Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan

Cara Mengatasi Nyeri Haid - Hampir semua wanita mengalami nyeri haid biasanya diawal-awal haid datang. Rasa nyeri ini timbul karena terjadi peluruhan sel telur di dinding rahim, maka rasanya akan sakit. Sebetulnya itu hal yang wajar, akan tetapi menjadi tidak wajar apabila nyeri haidnya sangat berlebihan sampai-sampai mengganggu aktifitas sehari-hari. Pastinya ketika nyeri haid yang berlebihan harus segera diatasi agar tidak menghambat pekerjaan kita. Oleh karen itu dalam tulisan kali ini akan dibahas bagaimana cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan.

Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid

cara mengatasi nyeri saat haid

Berikut ini akan diurai beberapa tips mengatasi nyeri saat haid, mulai dari yang praktis sampai kepada hal yang membutuhkan proses pembuatannya. Anda bisa memilih salah satu saja dari cara-cara tersebut. Cara yang akan diurai adalah berdasarkan pengalaman para wanita yang sudah berhasil mengatasi nyeri saat haid. 

1. Minum Obat Pereda Nyeri Haid

Langkah yang pertama ini adalah langkah yang paling praktis karena saat ini sudah banyak dijual obat untuk pereda nyeri haid mulai dari yang pil sampai sirup. Dengan meminum obat ini biasanya nyeri haid lebih cepat meredakan nyeri karena biasanya mengandung analgesik yang berfungsi mengurangi nyeri dan antipiretik yang berfungsi menurunkan demam dengan kadar yang sudah disesuaikan. Gunakanlah obat pereda nyeri haid ketika memang sakitnya sudah sangat tidak tertahankan. Penggunaan pereda nyeri haid ini aman asalkan diminum sesuai aturan.

2. Kompres Dengan Air Hangat

Ketika rasnya nyeri menyerang maka otot-otot disekitar perut menjadi tegang. Oleh karena itu  untuk mengurangi rasa nyeri otot-ototnya harus dibuat menjadi rileks, Salah satu caranya adalah dengan kompres air hangat. Untuk membuat kompresan air hangat bisa dengan handuk /kain yang dicelupkan ke air hangat, bisa dengan botol atau wadah kompres karet yang diisi dengan air hangat.

3. Dengan Ramuan Kunyit Asam

Ramuan kunyit asam merupakan ramuan tradisional yang turun temurun berfungsi untuk meredakan nyeri saat haid. Kunyit dikenal sebagai bahan yang bisa mempercepat proses luka pada organ-organ dalam dan juga berfungsi menyegarkan tubuh.  Untuk membuat kunyit asam sangat mudah. Jika Ingin praktis beli lah di tukang jamu bubuk kunyit asam, tinggal seduh dan diminum. 

Jika ingin membuat sendiri di rumah caranya juga cukup mudah. Sediakan beberapa ruas kunyit lalu diparut. Tambahkan air lalu diperas sarinya. Air perasan kunyit tersebut selanjutnya ditambahkan asam jawa dan gula merah agar sedikit manis. Lalu rebuslah ramuan tersebut hingga mendidih lalu angkat. Ramuan ini sebaiknya diminum hangat untuk mengurangi nyeri saat haid.

4. Menungging

Salah satu cara mengurangi nyeri haid adalah dengan cara posisi menungging. Posisi ini biasa dilakukan ketika seseorang mengalami sakit perut. Dengan menungging maka rahim akan tergantung kebawah dan membuat lebih rileks. Silahkan dicoba.

5. Mandi Air Hangat

Air hangat terkenal bisa membuat rileks tubuh, oleh karena itu pemandian air hangat dan spa sangat laku karena orang-orang ingin melepas lelah dan stress. Begitupun ketika nyeri haid, mandi air panas dapat membuat tubuh lebih rileks. Setidaknya bisa mengurangi rasa sakitnya itu. Perlahan-lahan sakitnya nanti hilang.

6. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup akan membantu tubuh menjadi bugar. Selain istirahat malam minimal 7 jam, Anda juga bisa menambah istirahat disiang hari. Ketia terasa sakit istirahatkanlah badan Anda dengan cara tiduran ataupun tidur beneran. Hal ini pun akan mengurangi rasa nyeri saat haid.

Tips Tambahan Dalam Cara Mengatasi Nyeri Haid


Selain cara mengatasi nyeri haid diatas, Anda perlu memperhatikan asupan zat besi yang masuk kedalam tubuh. Kenapa harus diperhatikan? karena biasanya ketika mengalami menstruasi seorang wanita rentan mengalami anemia atau kekurangan sela darah merah. Beberapa makanan yang mengandung zat besi seperti bayam, kacang-kacangan dan ati ayam perlu Anda Konsumsi saat haid agar tidak anemia. Tips lain ketika haid perbanyaklah minum air putih, buah-buahan dan sayuran. Hindari makanan junk food dan minuman-minuman bersoda, kopi dan es. Semoga bermanfaat

ARTIKEL TERKAIT: