Awas ! Bahaya Tidur Setelah Sahur - Sebarkan

Godaan setelah sahur adalah rasa kantuk yang sangat, karena dibulan ramadhan ini bisa jadi tidur kita berkurang dibanding hari biasanya. Tidur sebetulnya baik jika pada waktu yang tepat, akan tetapi jika kita tidur setelah sahur ternyata banyak bahayanya. Itulah kenapa Rasulullah jauh-jauh hari melarang umatnya untuk tidur setelah sahur dan menjadikan sunnah mengakhirkan makan sahur. Kadang kalau kita sahur terlalu pagi berikutnya kita akan merasakan ngantuk, bahkan sholat subuh bisa kebablasan 
Rasulullah SAW bersabda,”Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah SWT dan shalat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena  dapat membuat hati kalian menjadi keras.”(HR Abu Nu’aim dari Aisyah RA.)

Kenapa secara agama sudah di peringatkan agar kita semua tidak tidur setelah sahur , ternyata secara medis diketahui bahwa ada beberapa bahaya akitbat kita tidur setelah makan sahur, berikut ini bahayanya:

Bahaya Tidur Setelah Sahur

akibat tidur setelah sahur

1. Bisa Terjadi Refluks 

Refluks  yaitu terjadinya proses berbaliknya asam lambung ke kerongkongan disebabkan makanan yang masuk belum dicerna dengan sempurna di lambung. Ketika kita langsung tidur setelah sahur, makanan tidak secara cepat langsung dicerna oleh lambung, gerakannya melambat karena terpengaruh gaya gravitasi dan ketika tidur proses pencernaan jadi lambat. Inilah yang menyebabkan asam lambung bisa balik ke kerongkongan. Jika asam lambung akan naik ke kerongkongan maka bisa melukai kerongkongan yang akibatnya bisa terasa panas seperti terbakar, dan mulut pun terasa pahit.

2. Gangguan Lambung / Asam Lambung

Tidur sehabis sahur juga bisa menjadi sebab terganggunya pencernaan kita. Secara normal lambung (maag) yang kita isi akan menjadi kosong lagi setelah dua jam. Jika setelah makan kita langsung tidur maka posisi tidur itu akan menyebabkan proses pengosongan lambung terhambat/terlambat. Proses ini akan mengakibatkan gangguan pencernaan seperti mencret atau sembelit tergantung jenis makanannya

3. Meningkatnya Resiko Terkena Stroke

Stroke terjadi karena adanya penyempitan pada pembuluh darah, berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang yang memiliki jeda yang lama antara makan dan tidur memiliki resiko yang lebih rendah terkena stroke

4. Membuat Perut Buncit

Apakah Anda tahu bahwa tidur setelah makan akan mengakibatkan perut buncit
Menurut Dr. Pramono ahli gizi dari RSUD Ulin Banjarmasin menjelaskan bahwa tidur sesudah makan akan menyebabkan perut menjadi buncit,  karena ketika tidur tubuh jadi hemat energi dan secara otomatis lemak akan sangat mudah tertimbun di perut kita, jelasnya kita akan menjadi maju perut pantat mundur.

5. Sakit Kepala

Anda yang pernah bangun setelah subuh pasti pernah mengalami ketika bangun itu kepala terasa sakit terkadang dibagian depan atau bagian belakang. Pokoknya pas bangun itu bukannya segar tapi justru terasa lemas dan kurang bersemangat. Kalo dalam istilah medis cerebropinal bergerak ke otak, inilah yang menyebabkan sakit kepala.

Oleh karena itu usahakan jangan tidur setelah sahur, lebih baik kita berzikir atau membaca Al-Quran sebagaimana yang rasulullah lakukan. Lalu kita isi dengan berolahraga ringan agar tubuh kita menjadi segar. Pengalaman saya sendiri kalau tidur setelah sahur itu akan mempengaruhi mood seharian itu. Moodnya akan jadi jelek dan tidak terpancar semangat dari wajah. Udah gitu lebih haus pas bangun tidur dibandingkan dengan tidak tidur setelah sahur. 

Semoga informasi tentang bahaya tidur setelah makan sahur ini bermanfaat


ARTIKEL TERKAIT: