Manfaat Buah Jengkol Sebagai Makanan Alami untuk Diet

Manfaat buah Jengkol - Archidendron pauciflorum atau jengkol merupakan tumbuhan yang menjadi khas negara Asia, salah satunya adalah Indonesia. Meskipun bau jengkol ini membuat setiap orang menutup hidungnya, banyak orang yang suka konsumsi makanan ini. Terlebih lagi bila diolah menjadi semur jengkol, banyak sekali yang mengidolakannya.

Jengkol yang dikenal memiliki aroma tak sedap dan menyebabkan bau mulut ini juga bisa lho dijadikan makanan diet alami. Hal ini karena di dalam jengkol memiliki kandungan nukleotida purin. Ini adalah salah satu jenis zat yang dipercaya baik untuk membantu program diet.

Landasan Kenapa Manfaat buah jengkol untuk diet


menfaat buah jengkol


Menurut penelitian yang dilakukan oleh Journal Arthritis Research & Therapy, pada tahun 2010 menyimpulkan bahwa regimen diet vegetarian untuk para penderita artritis bisa membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan insiden kardiovaskular, dan menurunkan indeks masa tubuh.

Studi yang dilakukan oleh Johan Frostegard yang dibantu oleh para koleganya ini memberikan makanan berupa jengkol untuk 38 sukarelawan dan 28 orang lainnya sebagai makanan diet selama sebulan. Hasil laporan menunjukkan bahwa nukleotidakpurin bisa terlibat ke dalam aktivasi sistem kekebalan tubuh yang salah. Sukarelawan yang diet memakai jengkol akan memiliki kadar CPC atau C reactive Protein (menjadi indikator inflamasi tubuh) lebih rendah dan dibanding dengan sukarelawan yang konsumsi makanan yang memiliki kandungan nukleotida purin lainnya yang setara dengan jengkol.

Para peneliti mengatakan dalam laporannya, bukti menunjukkan bahwa nukleotida purin dapat terlibat dalam aktivasi sistem imun yang salah. Para sukarelawan dengan diet menggunakan jengkol mempunyai kadar C reactive protein (CRP) lebih rendah, yang merupakan indikator kadar inflamasi dalam tubuh dari pada dengan para sukarelawan yang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung nukleotida purin setara dengan jumlah dalam jengkol.

Jengkol adalah salah satu makanan yang disukai banyak orang karena rasanya dan tidak disukai orang karena baunya. Meskipun begitu, ternyata manfaat buah jengkol ini bisa dijadikan sebagai makanan diet. So, apakah Anda mau memasukkan jengkol sebagai makanan diet Anda ?

ARTIKEL TERKAIT: