Jangan Lakukan 4 Hal Ini Setelah Selesai Makan

Banyak yang tidak mengetahui bahwa ada hal-hal yang sebaiknya jangan dilakukan setelah kita makan. Karena jika dilakukan bisa menyebabkan bahaya bagi tubuh. Apalagi di tengah-tengah kesibukan kadang kita melakukan hal yang sebenarnya tidak baik setelah kita selesai makan.


Nah, inilah beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan sesudah kita selesai makan, Anda perlu mengetahuinya.




1. Berenang 

Bila Anda mau berenang, baiknya menunggu selama lebih kurang 30 menit sesudah makan. Bahkan kalau bisa 1 jam setelah makan baru berenang.  Jika Anda berenang sesudah makan, di kuatirkan perut Anda bakal alami kram minor.

Kondisi perut ketika setelah makan adalah sedang mencerna makanan dan akan panas. Jika kondisi panas  langsung terkena dingin bisa menyebabkan keram.

Selain keram juga bisa menyebabkan mual dan muntah


2. Mandi 

Selesai makan, aliran darah akan terstimulasi ke arah perut supaya proses pencernaan berjalan dengan baik. Nah, bila Anda langsung mandi sesudah makan, sudah pasti bakal mengacaukan aliran darah, lantaran badan bakal dingin, hingga sistem pencernaan jadi terganggu.



3. Tidur 

Sangat tidak  dianjurkan untuk segera tidur, terutama bila Anda selesai konsumsi makanan berat. Hal ini disebabkan ketika tertidur maka makanan tidak dicerna dengan sempurna. Gerakan peristaltik pencernaan akan melambat. Ini akan menyebabkan penimbunan lemak di perut. Akhirnya perut menjadi buncit. Sebaiknya tidur setelah makan diberi jeda waktu minimal 3 jam agar proses pencernaan dilakukan secara optimal. Oleh karena itu tidak disarankan dari maghrib ke malam memakan makanan berat apalagi daging-dagingan karena lebih lama dicernanya

5. Minum Teh 
Teh bisa menghisap kandungan zat besi dari makanan. Kandungan asam dalam teh akan bertentangan dengan protein pada makanan. Jadi, baiknya jauhi minum teh sesudah makan.