Trik Mengatasi Gangguan Sesak Nafas atau Asma Saat Kambuh

Cara mengatasi sesak nafas atau asma - Asma atau juga dikenal dengan sesak nafas adalah penyakit yang biasanya menyerang tiba-tiba. Akan tetapi lebih sering menyerang saat kondisi udara sedang dingin. Ada yang sering mengabaikan penyakit ini, padahal sesak nafas juga bisa menyebabkan kematian jika dalam kondisi yang parah.

Sesuai namanya, penyakit ini adalah gangguan yang menyerang pada sistem pernafasan manusia. Kejadiannya adalah saat terjadi penyempitan saluran pernapasan ataupun karena ada masalah peradangan dalam saluran pernapasan. Sangat penting mengetahui cara mengatasi gangguan sesak nafas atau asma baik untuk Anda penderita ataupun anda yang suatu waktu melihat kejadian saudara atau teman anda terkena serangan asma. Bagaimana triknya? simak ulaasan di bawah ini

Cara Mengatasi Sesak Nafas atau Asma

cara mengatasi sesak nafas atau asma


Melakukan pernapasan perut


1. Penderita berbaring dengan nyaman dan meletakkan bantal dibawah kepala sambil menekuk lutut dan merilekskan perut.

2. Setelah itu tekan perut menggunakan satu tangan agak kuat namun perlahan agar menghasilkan tekanan dan letakkan tangan yang satunya di dada.

3. Kemudian penderita bernafas secara perlahan melalui hidung menggunakan otot perut. Ketika menarik nafas, tangan diatas perut tadi diangkat dan ketika membuang nafas diletakkan lagi. Tapi untuk tangan yang satunya dan berada di atas dada tadi upayakan untuk tidak bergerak.

Melakukan pernapasan lewat mulut

1. Penderita bernafas perlahan dan menghirup udara lewat hidung, Kemudian tahan napas dan dihitung sampai tiga hitungan.

2. Majukan bibir seperti akan bersiul. Setelah itu buang nafas lewat bibir secara perlahan sambil menghitung sampai lima hitungan.

3. Sambil membuang nafas, usahakan untuk membuat suara siul. Dengan begitu akan membantu mengurangi kecepatan bernafas sehingga membantu menghilangkan udara yang terlalu lama terperangkap ke dalam paru-paru.

Berada di tempat yang udaranya bersih

Penderita sesak napas atau asma sebaiknya agar selalu memperhatikan udara sekitar agar selalu bersih. Usahakan agar tidak sampai menghirup udara yang berdebu atau mengandung polusi.

Beristirahat saat kambuh

Apabila penderita kambuh asamnya, sebaiknya segera menyandarkan pundaknya ke bantal atau apapun. Usahakan pula untuk tidak tertidur ketika sedang kambuh.

Memberi air hangat

Air hangat bisa membantu meringankan kondisi penderita asma. Air hangat akan membantu menghangatkan dada dan membantu sistem pernafasan agar kembali normal.

Itulah beberapa tips mengatasi sesak nafas atau asma yang menyerang atau  saat Anda mengetahui teman atau kerabat yang tiba-tiba kambuh asamnya. Semoga artikel ini bisa membantu dan menambah wawasan Anda!

ARTIKEL TERKAIT: