Mengecilkan Perut Untuk Remaja

Perut yang rata merupakan dambaan semua orang, tak terlepas bagi para remaja yang sedang memasuki masa puber. Bagi para remaja, perut yang buncit bukan hanya membuat penampilan menjadi kurang menarik, namun juga membatasi pergerakan. Apalagi fase remaja membuat seseorang menjadi sangat aktif karena banyaknya kegiatan.

Perut yang buncit juga bisa menjadi pemicu munculnya berbagai macam penyakit. Untuk itu sangat perlu untuk menjaga kesehatan tubuh agar perut bisa lebih rata dan seimbang dengan postur tubuh. Mengecilkan perut untuk remaja tidak bisa dilakukan seperti pada orang dewasa. Program diet yang berat tidak dianjurkan karena remaja sedang dalam tahap pertumbuhan, sehingga sangat membutuhkan asupan nutrisi untuk melengkapi kebutuhan gizinya.
Mengecilkan Perut Untuk Remaja

Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa informasi yang berguna khususnya bagi remaja yang ingin mengecilkan perut.

Pola Makan

- Serat
Pada dasarnya, perut yang buncit disebabkan karena proses pencernaan dalam tubuh berjalan kurang lancar. Oleh karena itu, konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak serat sangat bermanfaat untuk menjaga metabolisme sehingga proses buang air besar menjadi lancar. Selain itu, serat juga berfungsi untuk mencegah lemak agar tidak tertimbun di perut. Makanan yang mengandung serat sangat bagus untuk diet remaja, karena serat memiliki sifat yang tidak mudah dicerna. Sifat serat akan memberikan efek kenyang sehingga nafsu makan bisa terkontrol.

- Makan Perlahan
Mengecilkan perut untuk remaja bisa dilakukan juga dengan merubah cara makan. Banyak remaja memiliki perut yang besar karena terbiasa makan secara terburu-buru, sehingga mendorong angin untuk masuk ke dalam perut. Tidak ada salahnya untuk makan dengan santai dan mengunyah secara pelan-pelan sambil menikmati makanan. Usahakan untuk memberi interval suap demi suap makanan yang akan masuk ke dalam perut.


Olahraga

-  Sit Up
Seperti proses diet pada umunya, olahraga merupakan salah satu kunci dalam berhasilnya diet. Untuk remaja, sit up merupakan olahraga yang paling dianjurkan karena mudah dan murah untuk dilakukan. Olahraga ini fokus untuk melatih otot pada perut sehingga akn menghasilkan perut yang kencang bila melakukan secara rutin. Cukup dengan melakukan situp selama 5 menit setiap harinya, maka perut yang langsing akan didapatkan secara bertahap.

-  Renang
Renang merupakan olahraga yang sangat komplit. Khusus bagi para remaja yang belum bisa berenang, sebaiknya berlatihlah untuk berenang. Berenang bukan hanya akan melatih otot perut, namun semua otot juga akan mendapat manfaat yang sama karena gerakan berenang melibatkan semua anggota tubuh. Gerakan berenang sangat efektif dalam membakar kalori sehingga sangat membantu untuk mengecilkan perut. Cukup dengan melakukan 2 atau 3 kali dalam seminggu, maka akan terlihat hasilnya secara bertahap.

***
Perut yang rata akan didapatkan jika hal-hal di atas dilakukan secara rutin. Namun hasilnya tidak akan instant, diperlukan waktu serta kesabaran untuk mendapatkan hasilnya. Meskipun demikian, hal ini sangatlah alami sehingga tidak akan menghasilkan efek samping yang tentunya juga bermanfaat untuk remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Jangan tergiur dengan produk atau obat pelangsing yang bisa memberikan hasil cepat. Produk atau obat pelangsing yang beredar di pasaran mengandung bahan kimia yang meskipun terbukti efektif untuk mengecilkan perut, namun sangatlah berbahaya. Hal ini berbahaya karena usia remaja merupakan fase di mana tubuh sedang mengalami tahap pertumbuhan, dan bahan kimia yang terdapat pada obat dikhawatirkan bisa menghambat proses pertumbuhan.

Semoga ulasan mengenai mengecilkan perut untuk remaja ini bisa dijadikan referensi untuk mendapatkan perut yang rata dan sekaligus tubuh yang sehat.