7 Cara Ampuh Agar Bisa Berhenti Merokok

Perbuatan yang tidak menyehatkan bagi tubuh adalah merokok, kegiatan berupa menghisap sebatang tembakau ini memang dapat menimbulkan banyak penyakit yang dapat membahayakan kesehatan kita seperti kanker, Hipertensi dan penyakit berbahaya lainnya yang dapat mengancam kesehatan. Namun yang seringkali dipermasalahkan oleh sebagian besar orang adalah kandungan nikotin yang ada pada rokok, zat ini dapat membuat orang yang merokoknya menjadi ketagihan atau ingin mencoba terus menerus barang yang satu ini.

Ketergantungan pada suatu benda memang sangat tidak mengenakan terutama kepada rokok, bisa dibayangkan seberapa mahalnya harga rokok, mungkin tidak sampai harga Rp.20.000 namun jika dibeli dalam waktu 3 kali sehari maka akan banyak uang yang harus anda keluarkan padahal masih banyak keperluan lain yang harus dibeli dibandingkan dengan rokok.

Bagi anda yang sudah terlanjur merokok dan ingin berhenti mungkin sangat sulit karena ketergantungan terhadap roko sangatlah besar, namun jangan khawatir karena pada ulasan kali ini saya akan memberikan anda beberapa solusi untuk berhenti merokok, simak di bawah ini:

Cara dan tips agar bisa Berhenti Merokok, silahkan anda coba beberapa cara di bawah ini :


cara ampuh berhenti merokok

1. Membulatkan Tekat Dan Niat Untuk Berhenti

Untuk yang paling pertama adalah  bulatkan tekat anda untuk benar benar berhenti merokok untuk selamanya, jadi anda harus benar benar mengikrarkan sebuah janji untuk menghentikan anda merokok dan janganlah langgar janji tersebut.

2. Meminta Bantuan keluarga Atau Teman Terdekat

Untuk memperkuat janji itu sebaiknya anda ambil satu orang saksi atau lebih yang merupakan orang terdekat Anda. Misalnya istri jika anda sudah punya istri, atau kakak, adik atau teman dekat yang sering bersama Anda. Berikan kepada mereka wewenang untuk menegur anda dan memarahi anda bahkan, jika Anda kedapatan merokok. Mintalah mereka agar selalu mengingatkan dan juga menasihati segala perbuatan kita yang hendak berhenti merokok, jadi anda akan lebih mudah menghindari suatu hal yang memicu keinginan yang besar untuk merokok kembali.

3. Kurangi Konsumsi Rokok Secara Perlahan

Cara yang mungkin dapat digunakan ntuk langkah awal adalah mengurangi konsumsi rokok anda perharinya dengan perlahan, jangan langsung seluruhnya untuk berhenti karena dengan cara ini siperokok akan terasa lebih mudah untuk berhenti merokok dengan nyaman dan tekanan yang lebih renda dibandingkan langsung menyetop konsumsi rokok sekaligus.

4. Buang Kebiasaan Yang Memicu Keinginan Merokok

Selanjutnya anda harus menghilangkan kebiasaan kebiasaan yang dapat memicu keinginan untuk merokok seperti minum alkohol, begadang dan lainnya. Jangan anda malah mengkombinasikan segala hal dengan rokok seperti menonton TV dengan rokok, bersantai dengan rokok karena jika diteruskan akan menjadi kebiasaan buruk tersendiri untuk anda.

5. Mencari Kesibukan Atau Hal Baru

Carilah kegiatan menyenangkan yang baru yang dapat menyibukan anda dari rokok seperti piknik atau bertamasya,bermain game,mengunjungi sebuah mall atau plaza untuk berbelanja,dan lain lain sehingga anda akan lebih terjauh dari rokok yang dapat mengganggu kesehatan anda.

6. Hindari Asap Rokok

Anda harus menhindari asap rokok karena jika sekali ana menciumnya keinginan untuk merokok kembali sangatlah besar, hidung yang mencium bau itu tidak bisa berbohong bahwa keinginan untuk merokok kembali sangatlah besar, makad ari itu hindari asap rokok.

7. Mulai Berhenti Dari Rokok

Dan langkah yang menutup semua langkah adalah berhenti merokok total, cobalah cara ini jika memang anda sudah yakin untuk benar benar berhenti merokok. Hentikan akses anda dengan rokok sampai anda sudah tidak dapat lagi memegangnya.

Demikianlah Cara bagi kita agar bisa Berhenti Merokok karena merokok adalah suatu tindakan yang merugikan diri sendiri dan orang lain , semoga dapat berguna bagi anda yang ingin mencoba berhenti merokk total, slahkan ikuti langkah diatas. terima kasih sudah membaca ulasan ini hingga selesai.