Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Error Tidak Bisa Di Format

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan perangkat yang satu ini. Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan data yang lebih praktis, karena bentuknya yang kecil dan tidak memerlukan ruang yang besar untuk menyimpan perangkat Falshdisk tersebut, sehingga kita dapat membawanya kemana saja. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, perangkat flashdisk pun kadang sering mengalami gangguan jika pemakaiannya tidak sesuai dan tidak benar. Kalo sudah error maka kesal-lah kita apalagi di dalamnya ada data penting yang belum di copy, duuh rasanya pengen banting aja tu flashdisk. Tapi tenang, ternyata ada beberapa orang bahkan banyak yang memiliki perangkat flashdisk sering mengeluh tentang flashdisk-nya yang Error dan tidak bisa di format. Di kesempatan kali ini saya akan menerangkan beberapa Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Error tidak bisa di Format untuk membantu anda memperbaiki flashdisk rusak yang anda miliki.

Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak dan Tidak Bisa di Format:

Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak

1. Masukan flashdisk rusak anda ke dalam port yang sudah di tersedia di PC/laptop

2. Klik start menu lalu pilih RUN

3. Setelah RUN tampil ke layar desktop anda, ketikan “compmgmt.msc” ke dalam kolom yang sudah tersedia tanpa memakai tanda petik.

4. Setelah itu di layar desktop anda akan tampil program “computer management”

5. Selanjutnya pilih storage yang terdapat di bagian tengah kemudian pilih disk management.

6. Di dalam sini perangkat flashdisk akan terbaca/terdeteksi.

7. Setelah flashdisk sudah terdeteksi, kemudian klik kanan pada flashdisk yang sudah terdeteksi tersebut.

8. Kemudian pilih create partition.

9. Selanjutnya klik kanan lalu pilih format. Proses format falshdisk anda sudah selesai.

Jika flashdisk rusak yang anda miliki masih belum bisa di format, hal ini di karenakan adanaya file write protection di dalam flashdisk tersebut. Maka anda harus menghapus file tersebut sebelum falshdisk anda bisa di format. Coba langkah-langkah berikut ini:

1. Tekan tombol Windows + R secara bersamaan atau masuk ke dalam start menu kemudian pilih RUN.

2. Setelah itu ketikan “regedit” tanpa menggunakan tanda petik di dalam kolom yang sudah di sediakan di RUN lalu tekan Enter.

3. Kemudian akan tampil box dialog baru, lalu tekan CTRL + F.

4. Setelah itu ketik write protected pada kotak searching, lalu pilih Find Next.

5. Jika anda melihat keterangan write protected, segera hapus keterangan tersebut dengan cara klik kana pada keterangan tersebut kemudian pilih hapus/delete.

6. Selanjutnya akan tampil dialog konfirmasi lalu pilih Ok untuk menyetujui.

7. Setelah write protected sudah terhapus dan perangkat flashdisk anda sudah kembali ke kondisi normal.

8. Tutup jendela Registri Editor, lepaskan perangkat flashdisk dari PC/laptop, kemudian restart komputer atau laptop anda.


Setelah flashdisk anda sudah berhasil melakukan format/perbaikan, maka flashdisk anda sudah pulih kembali dan bisa di gunakan lagi untuk menyimpan data atau file yang anda miliki. Sekian informasi mengenai Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Error tidak bisa di Format, semoga informasi yang saya buat ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam memperbaiki flashdisk yang rusak/error dan tidak bisa di format.