Khasiat Aneka Jenis Teh bagi Sistem Pencernaan Tubuh

Siapa yang tidak kenal dengan teh. Teh adalah bahan campuran minuman yang dari dulu sampai sekarang banyak disukai oleh banyak kalangan di seluruh dunia dan diwariskan budaya minum teh secara turun temurun.  Mulai dari teh murni sampai teh yang ditambahkan dengan campuran daun-daun yang lain. Manfaatnya juga sudah dikenal sejak lama tapi orang-orang sebelumnya mungkin tidak tahu nama-nama kandungan yang terdapat dalam daun teh tersebut. Dulu mereka hanya tahu bahwa teh memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti contoh orang dulu pun sering menggunakan teh hitam pahit untuk obat diare atau sakit perut. 

Inilah aneka jenis teh yang dipercaya menyimpan banyak manfaat untuk sistem pencernaan tubuh!

khasiat aneka teh untuk pencernaan


Teh hijau 

Teh hijau akhir-akhir ini mulai banyak dikenal oleh banyak orang. Hal ini karena teh hijau kaya kandungan antioksidan yang berperan untuk menangkal sel kanker. Seperti mencegah kenker kolon dan kanker usus.

Teh dandelion 

Teh dandelion adalah jenis teh yang terbuat dari daun, bunga, batang, sampai akar tanaman dandelion. Teh dandelion mengandung vitamin A, B komplkes, D dan D, serta seng, potasium dan zat besi. The dandelion dipercaya bisa menyehatkan lambung, membuat kenyang, mengurangi pembentukan gas perut, meningkatkan nafsu makan, dan memperlancar BAB.

Teh Jahe

Teh jahe adalah sejenis teh yang dicampur dengan potongan jahe ke dalam air teh hitam. Teh jahe ini dipercaya mampu mengatasi masalah pencernaan seperti perut kembung, diare dan perut yang dingin.

Teh chamomile

Jenis teh yang satu ini biasanya dibuat dengan cara menambahkan bunga chamomile ke dalam campuran teh hitam atau teh hijau ketika diseduh menggunakan air panas. Teh chammomile akan membantu mengatasi masalah pencernaan seperti peradangan di organ pencernaan.

Teh peppermint 

Teh peppermint ini bisa langsung diseduh dengan air panas, dan dipercaya mengatasi masalah pencernaan seperti mengurangi proses pembentukan gas perut.

Teh lemon balm 

Teh ini adalah berbahan dasar daun tumbuhan lemon balm atau Melissa officinalis. Manfaatnya bisa membantumengatasi gangguan pencernaan, memulihkan vitalitas, dan juga menyejukan saraf yang tegang. Teh lemon balm ini biasanya dikonsumsi oleh masyarakat Mediterania.

Teh daun senna atau teh jati 

Teh jenis ini bisa membantu mengatasi masalah susah BAB dan membantu membersihkan organ pencernaan. Jenis teh yang satu ini juga berkhasiat untuk minuman pelangsing.

Ternyata ada banyak sekali jenis ya khasiat aneka teh untuk pencernaan dan pastinya banyak yang belum pernah Anda coba. . Mau mencoba konsumsi salah satu jenis teh diatas ? silahkan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda