Fakta Kesehatan tentang Foremilk dan Hindmilk

Bagaimana cara menyusui bayi yang benar? Apakah jika menyusui dengan 2 payudara secara bergantian itu lebih baik daripada hanya menyusui dengan 1 payudara sampai bayi merasa puas?

Ternyata jawabannya adalah lebih baik membiarkan bayi menyusui di satu payudara saja sampai dia merasa puas, bahkan sampai dia tertidur. Sementara payudara yang lainnya sebaiknya di perah karena komposisi ASI terdiri dari Foremilk dan Hindmilk. Sekarang kita akan lebih jelas mengetahui tentang perbedaannya.

Foremilk atau yang dikenal dengan ASI depan memiliki kandungan lemak yang rendah, memiliki warna yang bening dan cenderung encer. Hindmilk atau yang dikenal dengan ASI belakang memiliki kandungan lemak yang tinggi, memiliki warna putih dan kental. Saat mengonsumsi ASI pertama kali pastilah yang keluar adalah Foremilk, setelah menyusu dalam beberapa saat dan keadaan ASI sudah mulai kosong, kemudian bayi mengonsumsi Hindmilk yang memiliki kandungan lemak tinggi sehingga bayi mengalami kenaikan berat badan.

Foremilk dan Hindmilk


Nah, jadi itulah alasannya mengapa bayi tidak boleh menyusu pada dua payudara secara bergantian itu karena jika bayi menyusu hanya sebentar pada satu payudara lalu berpindah ke payudara lainnya maka bayi akan lebih banyak mengonsumsi Foremilk. Tetapi bukan berarti Foremilk tidak penting untuk bayi, foremilk juga memiliki kandungan yang sama seperti hindmilk hanya saja kandungan lemak pada foremilk lebih sedikit. Bisa dikatakan bahwa foremilk seperti minuman untuk bayi sedangkan hindmilk adalah makanannya.
Sedikit tambahan saja, bisanya ASI Foremilk ini pada beberapa kasus ibu menyusui, keluarnya cenderung lebih banyak hingga terus saja menetes dan mancur-mancur. Untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya memerah ASI sedikit untuk mengurangi derasnya aliran saat menyusui.

Jadi bila ada yang mengatakan menyusui menggunakan satu payudara saja membuat payudara menjadi besar sebelah, hal itu tidak terbukti kebenarannya karena dan dianggap sebagai mitos belaka. Dan waktu ideal menyusui bayi adalah dengan waktu efektif 20-25 menit.

Demikian informasi yang dapat dijelaskan pada kesempatan kali ini mengenai fakta tentang hindmilk dan foremilk. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di kesempatan lainnya.