Khasiat Alami Jantung Pisang bagi Kesehatan Tubuh

Apa ada yang belum mengetahui apa itu jantung pisang? Tentunya pasti sudah tahu kan, jantung pisang cukup populer di Jawa karena jantung pisang banyak dipakai ibu-ibu sebagai bahan masakannya, dan hasilnya enak. Bagi yang belum mencobanya silahkan mencobanya. Jantung pisang merupakan bunga majemuk yang berwarna kemerahan dan jantung pisang merupakan  bakal buah pisang. Biasanya pemilik pohon pisang memangkasnya supaya buah pisangnya dapat tumbuh besar.

Dari hasil penelitian jantung pisang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Diantaranya setiap 25 gram jantung pisang mengandung 1,2 senyawa protein, 0,3 gram lemak, 31 kkal kalori dan 7,1 gram karbohidrat. Selain itu jantung pisang juga mengandung vitamin C, vitamin B1, vitamin A, kalsium, fosfor, mineral, kalsium, dan zat besi.Sekarang sudah tahu kan kandungan apa saja yang terdapat dalam jantung pisang, 

Berikut ini manfaat dan khasiat jantung pisang untuk tubuh

Khasiat Alami Jantung Pisang bagi Kesehatan


Jantung Pisang Enak untuk Dikonsumsi

Tidak semua jantung pisang enak dikonsumsi, karena ada jantung pisang bila dimakan terasa pahit karena mengandung banyak tannin. Oleh karena itu disarankan untuk mengonsumsi jantung pisang dari pisang batu, pisang siam/klutuk, dan pisang kapok. Karena jantung pisang tersebut mempunyai rasa nikmat dan gurih yang mengandung protein yang tinggi mengalahkan rasa pahit dari kandungan tannin.

Mencegah Penyakit Stroke dan Jantung

Jantung pisang dapat memperlancar sirkulasi darah karena mempunyai sifat antikoagulan yang dapat mencegah pengumpalan darah. Hal itu bisa membantu untuk mencegah penyakit stroke dan jantung. Kerena pengobatan penyakit stroke dan jantung yang mahal, uantuk mengantisipasi hal tersebut sebbaiknya kita mencegahnya dengan mengonsumsi jantung pisang.

Dikonsumsi Untuk Program Diet 

Mengonsumsi jantung pisang dapat memberi efek kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan nasi dan makanan lainnya. Selain itu, jantung pisang juga mengandung fiber yang tinggi dan berkhasiat  melancarkan pencernaan dan menyehatkan perut. Maka jantung pisang sangat baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet rendah lemak. Ternyata jantung pisang diketahui juga bahwa sangat baik bagi penderita diabetes.

Buah pisang memang enak dimakan, daunnya bisa dijadikan bungkus, akar dan batangnya juga bisa dijadikan kerajinan. Tak ketinggalan jantung pisang pun menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan.