Beragam Cara Merawat Kelinci

Hewan yang satu ini sering dikaitkan dengan simbol playboy. Hal ini karena kelinci memang gampang sekali untuk melakukan perkawinan dan cepat dalam menghasilkan anakan. Kita semua sepakat bahwa kelinci memamg hewan yang sangat lucu. Melompat kesana kemari dengan telinganya yang panjang dan bulunya yang halus. Sungguh suasana yang menyenangkan saat kita melepas lelah karena seharian bekerja. Apalagi mulutnya yang mungil saat memakan wortel yang kita berikan,membuat kita  gemas dan tersenyum sendiri. Lalu bagaimana cara merawat kelinci tersebut ? Tentunya membutuhkan keahlian atau ilmu akan hal itu. Baik itu untuk anda yang baru mau memulai merawat kelinci ataupun anda yang telah merawat kelinci tapi ingin lebih baik, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.

Cara Merawat Kelinci Untuk Anda yang Pemula

cara merawat kelinci

Untuk anda seorang yang baru akan memelihara kelinci tentu ada beberapa syarat yang harus anda penuhi dalam hal cara merawat kelinci. Hal yang pertama adalah penyediaan kandang. Kandang yang berbahan besi atau aluminium dengan tempat untuk kotoran di bawahnya sangat cocok untuk kelinci hias seperti angora dan kelinci hias lainnya. Sedangkan jika anda menggunakan kandang yang berbahan bambu, sebaiknya anda periksa dengan teliti, jangan sampai kelinci kesayangan anda terluka karena tajamnya bambu. Hal yang harus diketahui juga adalah pemberian pakan atau makanan untuk kelinci. Alangkah baiknya jika sayur yang akan anda berikan pada kelinci, anda biarkan hingga mengering atau layu. Hal ini dikarenakan lambung percernaan kelinci yang sangat rentan dan bisa berakibat kematian. Merawat bulu, kuku dan gigi kelinci juga merupakan suatu keharusan bagi anda agar tidak menimbulkan permasalahan penyakit. Bulu yang gimbal anda sisir agar tidak ada kutu yang hinggap. Pemotongan bulupun dilakukan saat kelinci berusia 1 & 2 tahun. Jika kelinci sangat kotor bulunya, segeralah anda memandikannya, namun jangan terlalu lama dan segera anda keringkan dengan handuk karena kelinci sangat rentan terhadap air. Gigi dan kuku kelincipun perlu anda bersihkan jika sudah kotor. Karena bisa mengganggu dalam tahap perkembangan kelinci anda.

Cara Merawat Kelinci yang Benar


Perawatan anakan kelinci tentu berbeda dengan merawat kelinci yang sudah dewasa. Kelinci anakan sangat rentan akan segalanya sehingga anda harus lebih hati-hati dalam merawatnya. Cara merawat kelinci dalam segi pemberian makan untuk anakan kelinci haruslah diganti sehari 2 kali. Dengan perkiraan  jika kelinci anakan beratnya  2 kg maka harus diberi pakan minimal 2 ons per hari dalam 2 kali pemberian. Sedangkan untuk kelinci dewasa cukup diberi makan pagi dan sore sesuai porsi kelinci anda. Berat badan juga mempengaruhi. Pengaturan kebersihan dan kelembaban kandang juga menjadi perhatian bagi anda. Bagi kandang litter sebaiknya sekam atau serbuk gergaji diganti 2 minggu saat kemarau dan seminggu sekali saat musim penghujan. Telinga kelinci yang panjang juga rentan akan penyakit. Oleh sebab itu sebaiknya anda rajin mengecek telinganya dengan menggunakan cotton bud.

Demikian Informasi yang dapat kami bagikan untuk anda yang ingin memelihara kelinci atau ingin membangun usaha lewat pengembang biakan kelinci. Teruslah mengasah diri anda. Salah satunya dengan mengontrol jumlah populasi kelinci dalam satu kandang. Usahakan agar dalam setiap kandang yang berukuran 50 cm x 50 cm terdapat maksimal 3 ekor kelinci. Selamat berusaha dalam cara merawat kelinci.