Mengapa Obat Sakit Gigi Tradisional Banyak Dipilih?

Daripada sakit hati.. lebih baik sakit gigi ini… Biar tak mengapa..!” Itu adalah kutipan kalimat dari lagunya almarhum Meggy Z. Dari kalimat tersebut memberikan pengertian kepada kita bahwa sakit hati akan lebih sakit daripada sakit gigi. Namun bagaimana jika kita sakit gigi? Tetap saja kita akan menderita dan mencari cari alternatif pengobatan yang efektif, baik dengan menggunakan obat sakit gigi tradisional maupun dengan melakukan pengobatan ke dokter.

Namun, jika ditanya tentang tingkat efektif antara obat tradisional dan medis, maka tidak ada patokan pasti yang bisa menjawabnya, karena hal tersebut bergantung kepada kondisi sakit gigi si pasien dan jenis obat yang dipilih. Tapi kalau kita membahas masalah efisiensi, maka memilih obat tradisional akan lebih murah dibandingkan dengan pengobatan ke dokter ahli, karena bahan yang digunakan adalah bahan herbal alami yang bisa didapatkan dengan mudah, dan bisa diolah dengan langkah yang praktis.

Alasan Yang Menjadikan Obat Sakit Gigi Tradisional Efektif

obat sakit gigi tradisional

Sebelum membahas tentang berbagai obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi, ada baiknya kita mengetahui dulu alasan yang menjadikan obat sakit gigi tradisional efektif untuk dipilih, antara lain :

1.       Sudah dibuktikan oleh orang tua kita
Obat tradisional adalah ramuan dari bahan herbal alami yang cara dan khasiatnya telah dibuktikan oleh orang tua kita di jaman dulu. Keampuhan dan pembuktian tentang khasiat dari obat herbal untuk mengatasi sakit gigi tersebut bukan didapatkan dari omongan semata, melainkan karena sudah terbukti berhasil mengatasi dan menyembuhkan keluhan sakit gigi yang diderita.

2.       Bahannya mudah didapat dan bisa ditanam sendiri
Jika diinginkan, kita bisa menanam berbagai jenis tanaman yang sering digunakan untuk membuat obat sakit gigi. Kalaupun kita tidak menanamnya, stok bahan herbal tersebut tersedia dalam jumlah yang cukup banyak di berbagai tempat, dan siapa tahu tetangga kita pun memilikinya.

3.       Lebih murah dan tanpa efek samping
Murah dan efisien adalah hal yang paling banyak dicari oleh masyarakat yang bijak dan ingin meminimalisir pengeluaran. Dengan memilih obat sakit gigi jenis herbal atau tradisional, maka ada banyak pengeluaran yang bisa dihindari. Selain itu, obat herbal untuk mengatasi sakit gigi cenderung tidak memiliki efek samping yang membahayakan layaknya obat medis atau kimiawi, sehingga penyakit bisa disembuhkan tanpa mengalami hal buruk yang bisa ditimbulkan layaknya obat medis.

Jenis Obat Sakit Gigi Tradisional Yang Bisa Dicoba

Berikut adalah beberapa jenis obat sakit gigi tradisional yang bisa Anda coba dan terapkan untuk mengatasi masalah sakit gigi yang Anda alami :

1.       Bawang Putih

Bahan herbal ini banyak tersedia di warung maupun supermarket. Bahkan banyak ibu yang sudah menyediakannya dirumah, karena bahan ini adalah salah satu bumbu masak yang sering digunakan. Untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih ini, maka cara yang digunakan adalah dengan mengambil satu siung, buka kulit luarnya, kemudian letakkan saja di gigi yang sakit. Diamkan selama 5 menit, keluarkan, kemudian kumur kumur menggunakan air hangat.

2.       Teh Hangat

Cara mengobati sakit gigi menggunakan teh hangat adalah dengan meminum dan menggunakannya untuk berkumur. Cara ini akan menghilangkan bakteri dan bisa mengurangi rasa sakit yang diderita untuk beberapa saat. Dan untuk menghindari peradangan, Anda bisa menempatkan 1 kantung teh di gusi yang sakit.

Itulah 2 bahan herbal yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi sakit gigi. Jika ingin mencoba cara lain yang lebih praktis, Anda pun bisa memanfaatkan es batu dengan cara memasukkannya ke kantong plastik atau kain, kemudian menempelkannya ke area yang sakit dan mendiamkannya selama kurang lebih 5 sampai 10 menit.

Semoga informasi tentang obat sakit gigi tradisional ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba J