Cara Merawat Mata Dalam Tahap Pencegahan Dan Pengobatan

Mata adalah organ tubuh yang dikaruniakan Tuhan yang fungsi dan manfaatnya sangat banyak sekali. Melalui mata, kita bisa melihat indahnya dunia, bisa menyaksikan berbagai kejadian, bisa mengerjakan segala tugas dan tanggung jawab pekerjaan dengan lancar. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengetahui cara merawat mata yang tepat, agar karunia tersebut bisa terjaga dan tetap sehat sehingga bisa difungsikan dengan maksimal tanpa ada keluhan penyakit maupun gangguan mata lainnya.

Penyakit seperti glaucoma, katarak, rabun jauh, rabun dekat, dan lain lain adalah beberapa keluhan dan penyakit yang banyak menyerang mata. Saat penyakit tersebut melanda Anda, maka bisa dipastikan banyak sekali keterbatasan yang dimiliki. Seorang yang terserang katarak tidak bisa melihat dengan jelas lagi, dan lambat laun berakhir menjadi kebutaan permanen. Demikian juga dengan orang yang dilanda penyakit rabun jauh, maka dia sudah tidak bisa melihat dengan jelas obyek obyek yang berada cukup jauh dari dirinya, dan saat membaca tulisan yang kecil dengan kurang jelas.

Ada dua langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi mata kita agar bisa tetap sehat, antara lain :

Cara Merawat Mata Dengan Tindakan Pencegahan

cara merawat mata

Cara pertama yang dilakukan adalah dengan melakukan pencegahan, yaitu mengantisipasi hal buruk sebelum hal tersebut terjadi. Jika tidak ingin mengalami penyakit atau gangguan mata, maka upaya terbaik yang perlu Anda lakukan adalah melakukan tindakan pencegahan, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Cara merawat mata dengan tindakan pencegahan yang dimaksud antara lain :


1. Mengatur jarak baca agar tetap pada posisi ideal.

2. Hindari membaca buku atau teks lainnya dalam posisi tertidur.

3. Gunakan penerangan secukupnya pada saat Anda menggunakan mata untuk membaca.

4. Jangan terlalu memaksakan mata Anda saat mata terasa lelah. Aktivitas yang terlalu lama di depan 5. komputer akan membuat mata Anda lelah.

6. Saat kemasukkan debu, jangan membiasakan untuk menguceknya karena hal tersebut akan merusak lapisan mata Anda.

7. Berikan pelumas mata dengan mengedipkan mata sesering mungkin, karena saat mengedipkan mata, maka air akan diproduksi oleh mata sehingga menghindarkan mata dari kekeringan dan sepet.

8. Konsumsi aneka makanan yang memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan mata. Makanan sejenis wortel atau jenis makanan yang mengandung vitamin A lainnya, maka mata kita akan mendapatkan nutrisi agar bisa tetap sehat.

Cara Merawat Mata Dengan Tindakan Pengobatan

Apabila kondisi mata Anda saat sudah menderita penyakit, maka tindakan yang bisa dipilih tidak lain dan tidak bukan adalah dengan melakukan tindakan pengobatan. Cara merawat mata dengan tindakan pengobatan bisa dilakukan dalam dua jenis, yaitu langkah medis dan langkah herbal.

Namun, untuk mengetahui lebih pasti tentang tindakan pengobatan yang paling tepat untuk dipilih, maka sebaiknya periksakan kondisi kesehatan mata Anda kepada dokter ahli mata. Ketahui gejala apa saja yang dirasakan, ketahui hal hal apa saja yang harus dihindari, dan ketahui tindakan pengobatan apa saja yang bisa dilakukan.

Karena pembahasan tentang tindakan pengobatan mata sangat banyak sekali, maka yang akan dibahas kali ini adalah tips untuk mendapatkan pengobatan yang tepat untuk gejala penyakit mata yang diderita, antara lain :

1. Ketahui gejala yang diderita
2. Konsultasikan ke dokter ahli mata untuk mengetahui lebih pasti tentang penyakit yang diderita
3. Pilih tindakan pengobatan secara medis maupun herbal.
4. Jaga kesehatan mata dengan melakukan tindakan pencegahan di atas.


Demikianlah informasi tentang cara merawat mata, baik tahap pencegahan maupun tindakan pengobatannya. Semoga bermanfaat J