Cara Merawat Sepatu Kulit Saat Pemakaian Maupun Perawatan

Sepatu kulit adalah salah satu jenis sepatu yang sering digunakan untuk acara acara formal dan resmi. Namun, dengan perkembangan teknologi dan inovasi, menghadirkan banyak jenis sepatu kulit yang cocok digunakan untuk berbagai kepentingan dan acara, termasuk untuk jalan jalan atau hangout. Karena manfaat dan fungsinya yang semakin kompleks, membuat orang banyak memilih sepatu dengan jenis bahan ini. Namun ternyata, tidak semua orang yang menggunakan sepatu kulit mengetahui cara merawat sepatu kulit agar bisa tetap terjaga kualitas dan ketahanannya.

Artikel kali ini akan membahas tentang langkah langkah yang bisa Anda lakukan untuk merawat sepatu kulit yang dimiliki, baik dalam hal pemakaian, maupun perawatan secara langsung.

Cara Merawat Sepatu Kulit Dengan Pemakaian Yang Tepat

cara merawat sepatu kulit

Pemakaian sepatu kulit memerlukan perhatian yang khusus, karena bahan ini selain memiliki nilai lebih untuk mendukung performa dan karisma, dia juga memiliki sifat yang mudah berkerut, dan kalau tidak diantisipasi dengan baik maka akan membuatnya belah dan mudah sobek.

Agar hal buruk tersebut bisa dihindari, maka cara merawat sepatu kulit yang paling tepat untuk dilakukan adalah dengan melakukan proses pemakaian yang tepat! Seperti apakah itu? Berikut penjelasannya :

1. Jangan terlalu memporsir penggunaan sepatu kulit

Penggunaan sepatu kulit secara di porsir hanya akan membuat kondisinya mudah rusak. Namun, jika Anda memiliki tuntutan untuk menggunakannya setiap hari, maka sebaiknya Anda memiliki sepatu cadangan yang bisa digunakan berganti ganti.

2. Atasi masalah keringat di kaki

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit kaki yang bau dan mudah berkeringat, maka jangan menggunakan sepatu kulit karena hal tersebut hanya akan membuat keadaannya bertambah parah. Sebaiknya, selesaikan dan atasi dulu permasalahan kaki yang Anda derita, baru putuskan untuk mencoba memakai sepatu kulit.

3. Jangan biarkan lembab

Agar tidak lembab karena sepatu tersiram air atau terciprat lumpur, maka cara membersihkannya adalah dengan menggelapnya dengan kain halus, lalu angin anginkan. Jangan pernah menjemur sepatu kulit, karena panas matahari yang terlalu lama hanya akan membaut kulit menjadi kering.

Cara Merawat Sepatu Kulit Dengan Tindakan Yang Tepat

Selain melakukan tindakan merawat sepatu kulit dengan cara pemakaian yang tepat, Anda pun harus mengetahui cara merawat sepatu kulit dengan penanganan dan tindakan yang tepat sebagai berikut :

  • Hindarkan dari air
  • Hindari menjemur sepatu kulit
  • Angin anginkan untuk menghindarkan bau dan lembab
  • Segera bersihkan kalau sepatu kotor dengan lap yang halus, lembut dan memiliki daya serap yang tinggi
  • Semir dengan menggunakan sikat berbulu halus dengan perlahan dan hati hati
  • Gunakan cairan pembersih khusus untuk noda membandel
  • Pilihlah semir sepatu yang memiliki warna senada dengan warna sepatu
  • Gunakan lotion khusus untuk menjaga kelembabannya
  • Jangan pernah menyemprotkan minyak wangi ke sepatu Anda
  • Simpan di tempat yang kering dan hindarkan dari kelembaban


Itulah beberapa langkah dan upaya yang bisa Anda lakukan jika ingin tetap memiliki sepatu kulit yang terjaga kualitas dan keawetannya. Semoga dengan informasi ini, Anda yang menjadikan sepatu kulit sebagai salah satu sarana aktivitas dan kegiatan Anda, bisa tetap memiliki kualitas sepatu yang awet, bagus, dan tahan lama.


Mari kita jaga kondisi sepatu kulit yang kita miliki dengan cara merawat sepatu kulit seperti yang disampaikan di atas, baik dari hal pemakaiannya maupun berbagai tindakan tepat yang akan membuatnya demikian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba J