Cara Memelihara Kura-kura Bagi Pecinta Kura-kura

Cara Memelihara Kura-Kura. Kura kura dapat digolongkan sebagai hewan peliharaan yang cukup lucu dan menggemaskan. Oleh sebab itu, kura-kura bisa dibilang hewan peliharaan yang populer serta banyak dikenal dan diminati  di berbagai kalangan masyarat. Kura kura adalah  hewan melata yang memiliki tempurung sebagai alat pelindung bagi tubuhnya.  Kura-kura umumnya  memiliki corak di bagian tempurungnya dan corak inilah yang menjadi salah satu daya tarik hewan ini. Jika ingin merawat atau menjadikan  kura-kura sebagai hewan peliharaan,  sebaiknya mengetahui  terlebih dahulu cara merawat hewan bertempurung ini agar hewan ini sehat dan menjadi peliharaan yang mengasyikan.

Cara Memelihara Kura-kura Di dalam Rumah

cara memelihara kura kura

Kura-kura biasa hidup di alam bebas, namun hewan ini juga bisa dipelihara di dalam rumah. Inilah cara memelihara hewan yang berjalan lambat ini:
1.      Sediakan aquarium dengan ukuran yang cukup besar dan lega. Tempat yang luas dapat mempercepat pertumbuhan kura kura.
2.     Pengisian air akuarium tidak perlu terlalu penuh, batas pengisian cukup hingga tempurung kura-kura terendam air.
3.     Tempatkan batu-batu atau aksesoris lain dengan tujuan agar kura kura memiliki pijakan dan dapat naik ke permukaan.
4.   Jemur kura-kura minimal sekali seminggu di bawah matahari pagi. Kegiatan ini dapat membuat tampilan kura-kura lebih cantik dan juga sehat.
5.     Pilihlah makanan berupa cacing kering jika kura-kura peliharaan tidak mau memakan pellet khusu kura-kura.
6.       Sikat tempurung kura kura menggunakan sikat gigi bekas minimal dua minggu sekali
7.    Peliharalah lebih dari satu kura-kura, sebab tanpa teman, seringkali kura-kura rentan penyakit dan gampang mati
8.       Saat malam, beri penerangan akuarium kura-kura dengan lampu berukuran 5 watt.
9.    Kebersihan akuarium juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan dan kecantikan kura-kura, oleh karena itu bersihkan akuarium dari sisa makanan, lumut, serta kotoran lain, minimal dua minggu sekali.
10.  Pecinta kura-kura dapat  menjalin keakraban dengan kura-kura dengan cara menyuapi kura-kura peliharaan. Hal ini dapat menyenangkan pemelihara juga kura-kuranya.
11.   Agar tidak merasa bosan, kura-kura dapat dikeluarkan dari akuarium sesekali. Namun tetap harus diawasi terutama dari gangguan hewan lain seperti kucing, anjing, dll.

Cara Memelihara Kura-kura Air

Kura-kura air umumnya hidup di hampir seluruh belahan dunia, mulai dari daerah beriklim subtropis juga yang beriklim tropis, baik air laut maupun air tawar. Kura-kura air memiliki perbedaan dengan jenis kura-kura yang lain, oleh karena itu cara memelihara kura-kura air pun ada perbedaan juga. Perbedaan tersebut terletak pada bagian cangkang atau shell serta pada bagian  gelambir  yakni semacam sirip yang terdapat pada kaki kura-kura.

Di habitat asli merela, kura-kura air biasanya melakukan proses hibernasi  sebagai cara mereka merespon iklim yang ekstrim seperti musim salju yang panjang, dll. Cara mereka berhibernasi adalah dengan menenggelamkan tubuh mereka ke dalam lumpur selama keadaan ekstrim berlangsung. Kura-kura air dalam kandang tentu tidak berhibernasi karena tidak ada kondisi ekstrim dan makanan juga selalu tersedia.
Hal yang menjadi daya tarik kura-kura biasanya adalah :

       1.       Penampilannya yang mirip dengan hewan purba
       2.       Tubuh kura-kura yang dapat keluar masuk cangkannya.


Penampilan dari kura-kura air memang cukup unik dan lucu. Selain di air, hewan ini juga dapat hidup di darat. Memelihara kura-kura air saat ini telah menjadi trend di bagi para pecinta hewan khususnya pecinta kura-kura. Bagi mereka yang berminat memelihara hewan bercangkang ini, tentu harus mengetahui banyak cara memelihara kura-kura, agar hewan peliharaannya dapat hidup dan tampil dengan sehat dan cantik.

semoga informasi cara memelihara kura-kura ini bermanfaat