Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut Dan Kesehatan

Kalau Anda lahir disekitar tahun 80-an, pasti pernah menonton acara di salah satu stasiun televisi swasta yang pada tahun 90-an ramai sekali dibicarakan. Acara tersebut adalah “Hidup sehat cara Hembing”. Dalam salah satu episodenya, dr. Hembing menjelaskan tentang manfaat lidah buaya untuk rambut, yaitu bisa membuat rambut menjadi sehat, mengatasi kerontokan, dan membuat rambut tumbuh dengan lebat dan hitam. Di episode episode lainnya, banyak juga jenis bahan alami lain yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, karena acara tersebut memang membahas cara cara memanfaatkan bahan yang tersedia dari alam untuk mengatasi berbagai penyakit dan keluhan kesehatan.

Namun, bukan acara tersebut yang akan kita bahas kali ini! Tema yang akan diangkat pada artikel kali ini adalah apa sajakah manfaat lidah buaya yang bisa kita ambil, yang berhubungan dengan kehidupan manusia, khususnya kesehatan. Tanaman yang bernama latin Aloevera ini sudah terkenal dan sering digunakan sebagai bahan pembuat produk perawatan rambut, karena memang itulah manfaat utama yang bisa dinikmati. Tahukah Anda, bahwa banyak manfaat lainnya yang bisa diambil dari lidah buaya? Berikut adalah pembahasannya :

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut

manfaat lidah buaya

Tidak perlu repot mengolah atau meracik bahan bahan lain kalau tujuan Anda hanya ingin menyuburkan dan menyehatkan rambut. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut bisa diambil dengan cara menyiapkan lidah buaya 1 batang, kemudian mengupas kulit luarnya hingga terlihat bagian dalamnya yang berlendir. Setelah semua dikupas kulitnya oleskan lendir lidah buaya tersebut ke rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama semalaman agar kandungan lidah buaya bisa menyerap sampai ke akar rambut. Saat bangun pagi hari, bersihkan dengan air bersih.

Lakukan cara tersebut dengan rutin. Hanya dalam 2 minggu, rambut Anda akan mengalami perubahan, yaitu lebih sehat dan lebih lebat. (cara ini sesuai dengan yang disampaikan dr. Hembing dalam acara “Hidup Sehat Cara Hembing”).

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan


Kalau sub judul sebelumnya membahas tentang cara memanfaatkan lidah buaya untuk kesehatan rambut, maka sebagai pelengkap akan diinformasikan tentang manfaat lidah buaya untuk kesehatan, antara lain :

1.       Bisa mendinginkan dan melembabkan kulit yang sering terkena sinar matahari.
2.       Bisa menyehatkan kulit dan mengatasi berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh cuaca, seperti : kulit kemerahan, kulit kering, ruam, iritasi ringan dan kulit yang mengelupas.
3.       Bisa memudarkan dan menghilangkan warna kemerahan di bagian tubuh yang mengalami memar.
4.       Bisa digunakan untuk mengantisipasi luka bakar yang ringan.
5.       Bisa digunakan untuk mengatasi kulit melepuh akibat luka bakar.
6.       Bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penuaan dini dan mencegah keriput.
7.       Bisa digunakna untuk mengatasi gatal yang diakibatkan oleh gigitan serangga.
8.       Bisa memudarkan bekas luka dan garis garis putih (singkayo) pada ibu yang baru saja melahirkan.
9.       Bisa dijadikan sebagai bahan untuk melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan jika terjadi luka goresan atau irisan di kulit.
10.   Bisa menghilangkan flek hitam.
11.   Bisa dimanfaatkan sebagai jelly atau pengganti kondisioner saat keramas.
12.   Bisa mengatasi jerawat.
13.   Bisa dijadikan body lotion yang alami.
14.   Bisa meredakan keram atau otot yang menegang.
15.   Bisa mengatasi penyakit kutu air.

Demikianlah beberapa manfaat lidah buaya yang bisa kita optimalkan, khususnya untuk mendapatkan rambut sehat, lebat, hitam, dan tak berketombe. Melihat banyaknya manfaat yang bisa diambil, rasanya menanam tanaman ini menjadi sebuah hal yang dianjurkan.

Semoga informasi tentang manfaat lidah buaya ini bermanfaat