Cara Merawat Wajah Secara Alami




Manfaat dan Cara Merawat Wajah Secara Alami

Cara Merawat Wajah Secara Alami

Merawat wajah merupakan hal yang sangat penting, karena orang pertama kali itu akan melihat wajah. Tentunya setiap orang mendambakan kulit wajahnya bersih, rapih, putih dan tidak berminyak. Berikut ini adalah cara merawat wajah secara alami supaya perawatan tidak beresiko terhadap kulit. Manfaat dengan menggunakan bahan alami adalah terhindarnya kulit wajah dari resiko kerusakan kulit. Karena bahan alami ini tidak memiliki efek samping. Ternyata untuk merawat wajah secara alami kita bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita dan mudah ditemui bahkan sering ada di dapur anda.

Untuk merawat wajah secara alami sebetulnya tidaklah sulit, hanya perlu ketelatenan dari anda. Untuk perawatan wajah secara alami dan menggunakan bahan alami memang sedikit lebih repot daripada perawatan wajah dengan tidak alami. Berikut ini adalah bahan bahan dan cara meracik bahan tersebut menjadi masker wajah. Bahan-bahan alami tersebut memiliki keunggulan dan kelebihan masing-masing. Anda bisa memakainya satu persatu atau dicampur membentuk suatu ramuan.


Bahan-Bahan dalam Cara Merawat Wajah secara alami

Bengkuang

Bengkuang berfungsi untuk memutihkan dan mencerahkan wajah serta menghilangkan atau menyamarkan noda hitam yang diakibatkan oleh jerawat. Hal ini karena bengkuang memiliki kandungan rotenon, pachyrhizon, vitamin C dan B1. Maka tidak heran jika banyak produk kecantikan yang memasukan benkuang sebagai bahan dasarnya. Untuk membuat masker bengkuang caranya adalah: Kupas bengkuang dan cuci sampai bersih kemudian parut sampai lembut. Peras hasil parutan untuk diambil airnya dengan menggunakan saringan. Letakan air perasan pada wadah atau mangkok dan biarkan selama setengah jam. Setelah setengah jam atau lebih maka akan muncul endapan dari hasil perasan bengkuang tadi. Setelah endapan terlihat, Buanglah air bagian atasnya  yang bening. Setelah air dibuang maka and sudah mendapatkan sari bengkuang untuk wajah anda. Lalu oleskanlah secara merata ke wajah dan biarkan selama minimal 15 menit lalu bilas setelah merasa kering. Ada yang menyarankan agar dibilas dengan air hangat terlebih dahulu, baru dengan air dingin.


Lemon atau Jeruk Nipis 

Lemon berfungsi sebagai pembersih, toning, menghaluskan dan mengangkat sel kulit mati, pengecil pori-pori, membebas kulit muka kusam dan memudarkan flek hitam. Lemon adalah sumber alami asam alpha hidroksi (AHA) dan antioksidan dan banyak mengandung vitamin  C yang sangat baik untuk kulit. Untuk menggunakan lemon pada wajah maka campurkan 1/8 cangkir almond bubuk, 2 sendok makan susu atau krim dan 1 sendok teh air jeruk lemon. Kemudian oleskan dengan merata keseluruh bagian wajah anda, lalu diamkan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.



Mentimun

Mentimun yang kita sering temukan ternyata bisa berfungsi sebagai pengangkat noda atau flek hitam pada kulit wajah dan dapat menjadikan wajah indah bercahaya.  Mentimun mengandung  Vitamin A, B komplek, C, dan E yang berfungsi sebagai antioksidan. Cara membuat masker mentimun yaitu campurkan 1/2 potongan mentimun yang telah dikupas kulitnya dengan 1 sendok susu  dan 1 sendok yoghurt,  kemudian anda blender menjadi satu. Setelah cukup halus, Oleskan campuran yang anda buat pada kulit wajah dan tunggu kurang lebih 20 menit kemudian bilas dengan air untuk membersihkannya.


Apel Untuk Perawatan Wajah Berminyak

Apel memiliki kemampuan untuk mengurangi minyak pada kulit wajah karena memiliki kandungan zat lastin dan kolagen.  Cara membuat maskernya yaitu; buah apel dihaluskan dengan menggunakan blender tanpa campuran air. Setlah menjadi lembut oleskan masker apel ke seluruh wajah secara  merata, biarkan selama 20-30 menit. Setelah itu Bersihkanlah muka dengan menggunakan air hangat kuku kemudian dilanjut dengan air dingin agar pori-pori kulit muka anda mengecil.

Tomat

Tomat mempuyai kemampuan untuk  mengurangi minyak berlebihan pada wajah, membersihkan sekaligus memberi asupan nutrisi, karena tomat mengandung vitamin C. Selain itu juga tomat mengandung anti oksidan yang mampu untuk mengatasi iritasi kulit wajah yang terkena sengatan ultraviolet, mencerahkan kulit wajah anda dan mengurangi komodo, eh komedo maksudnya J.
Untuk membuat masker dari tomat caranya dengan menghaluskan satu buah tomat kemudian dicampurkan dengan satu sendok madu. Oleskan masker tersebut keseluruh bagian wajah anda secara merata. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat dilanjut dengan air dingin. Baca selengkapnya tentang Manfaat tomat untuk wajah

Alpukat

Alpukat yang Alpukat berfungsi baik untuk menjaga kelembaban dan memberi asupan nutrisi serta menghluskan kulit muka anda. Hal ini karena alpukat mengandung  vitamin C dan vitamin E. Membuat masker alpukat sangat mudah, yaitu dengan menghaluskan daging buah bisa dengan dihaluskan dengan sendok bisa juga dengan blender, lalu setelah lembut oleskan keseluruh bagian wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air.  Lakukan setiap hari maka hasilnya akan maksimal

Pisang

Buah pisang dapat bermanfaat untuk meremajakan kulit dan membuat kulit wajah menjadi lembab dan kenyal. Caranya membuat maskernya cukup mudah, hanya dengan mengambil 1 buah pisang ambon, kupas kulitnya dan hancurkan buahnya dengan blender. Setelah itu tambahkan 1 sendok madu kedalam pisang yang telah dihancurkan tadi, dan oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 30 menit.  Lalu bersihkan dengan kapas dan air hangat.

Demikianlah bahan-bahan dan cara merawat wajah secara alami, Silahkan anda memilih salah satu metode di atas. Jangan lupa untuk melakukan pemijatan halus pada wajah agar otot wajah menjadi lebih kencang.

Semoga informasi cara merawat wajah secara alami ini bermanfaat

ARTIKEL TERKAIT: