2 CARA MERAWAT BAYI HAMSTER

CARA MERAWAT BAYI HAMSTER



Bagaimana Sih Cara Merawat Bayi Hamster Itu ?

Banyak orang yang belum begitu tahu tentang cara merawat bayi hamster yang baik dan benar. Bayi hamster yang baru dilahirkan sangat memerlukan perawatan yang baik dan benar. Jika tidak, bisa jadi Anda tidak akan melihat mereka tumbuh normal hingga menjadi hamster dewasa. Tentang cara merawat bayi hamster, ada banyak orang  yang belum benar-benar memahami langkahnya. Hasilnya anak hamster bukannya bertambah malah makin berkurang. Tahukah Anda bahwa hamster merupakan binatang kanibal? Ia bisa menganggap hamster lainnya sebagai ancaman dan memakannya. Pola kanibalisme ini juga berlaku pada ibu hamster terhadap bayinya. Karena itu, penanganan terhadap bayi hamster yang baru lahir harus hati-hati karena hamster merupakan binatang kanibal yang bisa memkan hamster lain jika dia menganggap hamster lain sebagai ancaman. 


cara merawat bayi hamster

Kesalahan-Kesalahan Dalam Cara Merawat Bayi Hamster


1.  Menyentuhnya Dengan Jari

Sebaiknya  Anda mendiamkan hamster dan induknya selama dua hingga tiga minggu. Pada usia dua hingga 3 minggu, mereka sudah "aman" jika ingin Anda sentuh. Banyak orang yang menyentuh bayi hamster yang baru lahir karena penasaran ingin memegangnya. Atau anda ingin memindahkannya, maka janganlah pakai tangan langsung, anda bisa menggunakan sendok untuk memindahkan bayi hamster. Jika tersentuh tangan maka sangat riskan sebab bau Anda bisa menempel pada bayi hamster tersebut dan membuat ia seketika ditandai sebagai ancaman oleh induk hamster. Hamster yang menganggap bayi tersebut ancaman bisa saja meninggalkan bayinya dan tidak ingin merawatnya dan bahkan bisa memakannya. Anda tidak mau kan hal ini terjadi?

2. Sering Memunculkan Diri ke Hamster

Sering memunculkan diri dihadapan ibu dan bayi hamster ini juga merupakan kesalahan yang sering dilakukan orang. Jangan sering menganggu induk dan anak hamster. Semakin minim kehadiran Anda akan semakin baik bagi mereka. Di habitat aslinya, induk hamster menyimpan bayinya di tempat yang gelap yang nyaris tanpa gangguan. Jadi cermati kehadiran Anda sebatas dalam hal memberi makanan dan juga mengganti air di botol minuman saja. Penuhi tempat makanan dan botol airnya untuk jangka waktu yang lama supaya intensitas anda bertemu dengan hamster tidak terlalu sering.

Selanjutnya, bagaimana cara merawat bayi hamster yang baru melahirkan? dan apa yang harus anda lakukan?

cara merawat bayi hamster
1. Letakkan bayi hamster di tempat yang aman dan jauh dari keramaian serta tutupi kandang supaya terlihat gelap layaknya di lorong tikus. Hal ini perlu karena induk dan bayi yang baru lahir. memerlukan rasa aman dari gangguan. Karena memang habitat asli hamster adalah di tempat gelap.

2. Untuk tempat tidur bayi hamster, berilah serbuk kayu secukupnya atau tisu yang sudah disobek-sobek kecil. Hal ini untuk menjaga kehangatan kandang hamster.

3. Bayi Hamster sebaiknya di letakan pada alas kandang yang tidak berlubang-lubang(datar). Anda bisa menggunakan akuarium, untuk menjaga si bayi tidakterjatuh dan terjepit.

4. Hal lain yang harus diperhatikan adalah tentang kebersihan kandang. Kandang yang bersih sangat baik bagi hamster, layaknya manusia yang suka dengan tempat tinggal yang bersih. Tapi di masa 1 sampai 2 minggu setelah melahirkan, tidak usah membersihkan kandang hamster. Biarkan saja. Tunggu sampai sang induk dan juga bayi-bayinya siap menghadapi Anda.

Saat lahir, bayi hamster sangat sensitif, ia memiliki kulit kemerahan nyaris tanpa bulu. Tapi jangan khawatir sebab sang induk mengerti betul apa yang harus dilakukan. Cara merawat bayi hamster yang terbaik adalah dengan mendiamkannya. Bahkan sekedar menengok pun Jangan sering anda lakukan. Di hari ke dua sampai tiga, biasanya tanda-tanda pigmentasi kulit sudah mulai tampak. Tapi tidak semua  hamster menunjukkan tanda-tanda seperti ini. Biasanya hamster yang memiliki pigmen dasar coklat saja yang sudah terlihat. Pada hari kelima, bulu-bulu pada bayi hamster sudah mulai tumbuh. Demikian pula dengan kuping yang sudah mulai tampak. Sedangkan matanya memang belum sempurna tapi sudah hampir terlihat. Pada masa ini, asupan gizi bayi hamster hanya bersumber dari air susu induknya. Namun di hari ke delapan hingga sembilan, sang induk sudah mulai mengajarkan makanan solid ke anaknya. Pada usia ke sepuluh hari, biasanya anak hamster sudah mulai menjelajah kandang dan mencari makanannya sendiri.

Nah itulah sedikit tips dan cara merawat bayi hamster. Semoga bermanfaat
Baca Juga Cara Merawat Kucing Anggora