Mengenal Penyakit Kanker Serviks dan Gejalanya

Penyakit kanker serviks adalah istilah yang digunakan untuk kanker leher rahim. Kanker serviks merupakan kanker yang tumbuh pada servik uterus, yaitu suatu daerah yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak di antara rahim dengan liang vagina.

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang dikenal dengan HVP atau Human Papilloma Virus. Virus ini cepat tersebar melalui kontak sexsual yang dapat menyerang semua perempuan tanpa mengenal gaya hidup dan usia. Banyak pula perempuan yang memiliki daya tahan tubuh y kuat mampu melawan virus ini. Tapi terkadang virus ini berujung pada penyakit kanker.



Setiap perempuan memliki resiko terkena penyakit kanker serviks terutama beresiko tinggi bagi perempuan perokok, perempuan yang sudah melahirkan banyak anak, memakai alat kontrasepsi pil dalam waktu yang lama, serta perempuan yang sudah terinfeksi penyakit HIV/ AIDS .

Kanker serviks bisa terjadi akibat perumbuhan sel-sel pada leher rahim dan kondisi tersebut sangat tidak normal. Akan tetapi sebelum sel-sel tersebut tumbuh menjadi sel kanker akan lebih baik untuk segera mengobatinya dengan pengobatan yang tepat. Karena perubahan sel-sel tersebut untuk menjadi sel kanker biasanya memakan waktu yang lama yaitu bertahun-tahun.  Untuk itu Anda perlu memeriksakan secara teratur kondisi kesehatan Anda pada dokter spesialisnya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Sel-sel yang tumbuh dalam keadaan yang tidak normal tersebut, dapat dideteksi kehadirannya melalui suatu test yang disebut Pap Smear Test, supaya semakin dini sel itu dideteksi ada maka semakin rendah resiko terkena kanker serviks.

Berikut ini saya juga akan menjelaskan gejala-gejala apa saja yang dialami penderita kanker serviks. Secara umum gejalanya adalah terjadinya pendarahan pada vagina setelah melakukan aktivitas sexual, atau terjadinya pendarahan diantara masa menstruasi sesudah dan sebelumnya. Dan gejala yang lainnya adalah sebagai berikut: 

1. Hilangnya nafsu makan 
2. Turunnya berat badan
3. Nyeri pada alat gerak seperti kaki
4. Terjadi pembengkakan pada area kaki
5. Keluarnya feaces yang menyertai urine melalui vagina
6. Hingga terjadi patah tulang panggul
7. Nyeri tulang panggul dan tulang belakang

Demikianlah informasi yang dapat saya berikan mengenai kanker serviks, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.