6 Manfaat Alami Rumput Laut untuk Kesehatan

Semua jenis rumput laut seperti nori, dulse, kombu, sea lettuce, bladderwrack. Jenis rumput laut yang telah saya sebutkan tadi terkenal dengan kandungan protein yang kaya dan baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu rumput laut juga mengandung vitamin B12, vitamin A, kalsium, kalium, yodium dan zat besi. Bahkan kandungan kalsium yang terdapat dalam rumput laut teryata lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan kalsium yang terdapat dalam brokoli, susu bahkan pada kalsium yang terdapat di dalam daging sapi.
Oleh karena itu, rumput laut sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah khasiat kesehatan dari rumput laut.



1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Rumput laut juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang dapat menyembuhkan luka lebih cepat karena menguatkan pembuluh darah, selain itu rumput laut juga mampu memelihara kekuatan gigi dan gusi.

2. Mencegah Pengeroposan Tulang

Di awal juga telah dijelaskan bahwa rumput laut memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Pasti kalau sudah membahas tentang kalsium menjurusnya akan ke tulang, ya tentu saja hal itu benar adanya karena rumput laut juga berperan untuk mencegah tulang keropos dan selain itu rumput laut juga dapat menjaga kesehatan rambut dan kuku.

3. Mengurangi Berat Badan

Rumput laut sama seklai tidak mempunyai kandungan lemak dan kalori. Justru rumput laut memiliki kandungan yodium yang berperan sebagai  penjaga kesehatan tiroid pada tubuh. Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang berperan menjaga dan mengatur metabolism dalam tubuh sehingga berat badan menjadi tetap seimbang. Dan kandungan mineral dalam rumput laut mampu mengancurkan sel-sel lemak yang berlebihan.

4. Mencegah Anemia

Zat besi yang ada di dalam rumput laut teryata berkhasiat untuk meningkatkan hematopoiesis yang berperan sebagai pembentukan sel darah merah.

5. Berperan untuk Mendetoks Tubuh

Di dalam rumput laut terdapat kandungan klorofil yang dapat membantu tubuh untuk melakukan detoks secara alami karena setiap harinya tubuh kita terpancar banyak polusi dan racun saat kita tidak menyadarinya. 

6. Mencegah Kanker

Rumput laut dianalisir teryata mengandung zat anti oksidan yang disebut dengan lignan. Senyawa lignan ini juga dikenal mampu memperlambat pertumbuhan sel tumor dan kanker. Selain itu juga terdapat kandungan asam folat yang tinggi dan berperan penting untuk mencegah terjadinya kanker pada usus besar. 

Rasanya yang nikmat membuat rumput laut memiliki banyak peminat. Selain itu khasiatnya yang baik bagi kesehatan tentunya menjadikannya menjadi salah satu jenis makanan yang baik untuk tubuh.