Khasiat Alami Konsumsi Ikan Lele bagi Kesehatan Tubuh

Ikan lele adalah salah satu ikan berkumis yang tinggal di air tawar dan mempunyai rupa yang menyeramkan, ikan lele memiliki tekstur daging yang lembut setelah dimasak dan enak untuk dimakan. Hampir setiap orang menyukai lele, karena harganya yang cukup murah dan rasanya yang nikmat. Selain nikmat saat diolah menjadi berbagai makanan ternyata ikan lele dianalisis mempunyai banyak manfaat yang diperlukan oleh kesehatan. Berikut ini akan dijelaskan apa saja manfaat ikan lele yang berguna untuk kesehatan

Penyedia Asupan Protein 

Dalam satu porsi ikan lele ternyata mengandung 15,6 gram protein dapat memenuhi kebutuhan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Kualitas asam amino yang berada di dalam ikan lele menunjukkan kualitas yang terbaik untuk membangun fungsi kekebalan tubuh dan membangun masa otot. 



Membuat Otak dan Jantung Sehat

Ikan lele ternyata juga memiliki banyak kandungan seperti  omega 3, 875 asam lemak omega 6, dan 220 mg asam lemak omega. Kandungan tersebut sama persis dengan kandungan yang berasal dari ikan-ikan mahal seperti ikan salmon, ikan kod dan ikan mackerel. Sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan lele selain harganya yang murah, ternyata kandungan nutrisi di dalamnya juga dapat membuat otak dan jantung menjadi sehat.

Rendah Merkuri

Merkuri merupakan zat yang dihubung-hubungkan yang terkandung dalam ikan laut. Akan tetapi informasi tersebut belum terbukti kebenarannya sehingga hanya berkembang menjadi isu. Merkuri merupakan salah satu zat yang berbahaya yang dapat merusak sistem saraf. Oleh karena itu jika Anda ingin aman dan terhindar dari bahaya merkuri sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan lele. Ikan lele adalah ikan yang dibudidayakan di perairan tawar dan cenderung aman dan bebas dar merkuri. Selain itu untuk para wanita hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan lele.

Sumber Vitamin B12

Vitamin B12 adalah nutrisi yang penting untuk membantu memecahkan makanan menjadi sumber energi. Oleh kerena itu asupan Vitamin B12 akan membuat lebih bertenaga dan tidak cepat lesu. Dan perlu diketahui bahwa mengonsumsi satu porsi lele juga mengandung kebutuhan vitamin B12 sebanyak 40% yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Nah itu tadi informasi seputar ikan lele, semoga bermanfaat. Ternyata ikan yang dikenal dengan ikan berpatil ini menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan bila dikonsumsi. Sampai bertemu kembali pada lain kesempatan dengan info kesehatan menarik lainnya.