Macam-Macam Bumbu Dapur yang Mengurangi Lemak di Tubuh

Bumbu dapur atau rempah-rempah memang menjadi tanaman khas Indonesia. Selain bisa menambah kelezatan makanan, beberapa jenisnya juga dikenal bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya itu juga bumbu dapur juga diyakini bisa membantu menurunkan berat badan seseorang secara alami. 
Berikut ini adalah jenis-jenis rempah-rempah atau bumbu dapur yang bisa membantu program penurunan berat badan Anda!

Kunyit

Kunyit adalah bumbu dapur yang biasa dijadikan Jamu dan bumbu Soto Ayam. Selain itu juga dijadikan sebagai bahan obat antibiotik alami, mengatasi alergi, radang, penyakit jantung, infeksi, diabetes, gangguan pencernaan, dan anti depresan alami. Curcumin atau kunyit mampu mengontrol kadar kolesterol dalam darah, mengendalikan gula darah, dan mengontrol trigliserida. Kemudian yang pasti, kunyit dipercaya bisa mencegah penimbunan lemak dalam tubuh.

Macam-Macam Bumbu Dapur yang Mengurangi Lemak di Tubuh


Jinten

Jinten mampu meningkatkan kontrol glikemik bagi penderita diabetes tipe 2. Penelitian pun menyebutkan bahwa jinten bisa dijadikan sebagai obat stress alami dan meningkatkan daya ingat. Selain itu jinten dipercaya mampu membantu program penurunan berat badan.

Jahe

Jahe dikenal menjadi bumbu dan juga bahan campuran minuman karena bisa memberikan rasa hangat. Adanya kandungan 6-gingerol pada rimpang jahe menjadikannya sebagai obat perandangan atau anti-inflamasi. Penelitian juga menyimpulkan bahwa jahe bisa meningkatkan metabolisme tubuh serta membantu menekan rasa lapar.

Cengkeh

Cengkeh biasanya dijadikan sebagai penambah cita rasa atau memberikan aroma sedap untuk makanan. Cengkeh juga diyakini bisa mempercepat proses metabolisme tubuh dan juga membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh. 

Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu yang hampir selalu digunakan setiap masakan di Indonesia. Penelitian pun menyimpulkan bahwa bawang putih bisa membantu mencegah penimbunan lemak dalam tubuh.

Lada hitam

Piperin adalah kandungan yang ada pada biji lada hitam dan membuatnya terasa pedas. Piperin inilah yang juga bisa membantu tubuh dalam proses pembakaran kalori lewat proses thermogenesis.

Bumbu dapur ternyata tak hanya bisa menambah kelezatan makanan, namun juga bisa membantu program penurunan berat badan. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang membacanya !