Tips Sehat Menjaga dan Merawat Daerah Kewanitaan

Cara menjaga daerah kewanitaan adalah hal yang harus diberi perhatian khusus supaya tidak salah dan dapat merugikan diri sendiri. Nah untuk para bunda dan sista, jangan khawatir karena di sini saya punya tipsnya.

Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan organ kewanitaan juga merupakan salah satu faktor yang penting untuk menghindari kumam dan bakteri akibat iritasi berkembangbiak. Menjaga kebersihan seperti manganti celana dalam sehari dua kali, dan pada saat menstruasi setidaknya menganti pembalut 4-5 kali dalam sehari.

Tips Sehat Menjaga dan Merawat Daerah Kewanitaan

Jangan Memakai Sabun

Mungkin Anda merasa risih dengan bau organ kewanitaan Anda, oleh karena itu pasti akan memilih menggunakan sabun untuk membersihkannya. Padahal cara itu murupakan cara yang salah karena sabun mengandung bahan kimia yang dapat merusak pH organ kewanitaan. Oleh karena itu jangan menggunakan sabun saat membersihkannya.

Jangan Memakai Parfum

Sama seperti pemakaian sabun yang dilarang untuk daerah organ kewanitaan Anda, dengan memakai parfum yang menyemprotkannya pada organ kewanitaan akan merusak kandungan Ph di dalamnya karena parfum mengandung alkohol.

Menggunakan Celana Dalam Yang Terbuat Dari Katun

Bahan Katun merupakan bahan yang mudah menyerap keringat jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Katun juga akan mencegah infeksi jamur yang terjadi karna lembap. Untuk itu sangat disarankan bagi para bunda dan sista untuk memakai celana dalam dari bahan katun.

Mencukur Rambut Kemaluan

Rambut kemaluan yang lebat bahkan terlalu lebat akan menjadi sarang bertumbuhnya bakteri dan jamur yang akan menciptakan infeksi pada daerah kewanitaan. Maka, rajin-rajinlah untuk mencukur rambut kemaluan.

Memakai Pakaian/ Celana Yang Longgar

Menggunakan pakaian atau celana yang ketat akan menyebabkan daerah kewanitaan menjadi semakin lembap. Hal itu mengakibatkan jamur dan bakteri akan mudah tumbuh dan akan menimbulkan ifeksi dan ruam.

Minum Banyak Air Putih

Meminum banyak air putih dapat membantu kesehatan organ kewanitaan Anda karena air akan banyak membuang bakteri yang dikeluarkan dalam bentuk urine.

Nah itu tadi bunda dan sista, sedikit informasi yang dapat saya berikan mengenai tips merawat daerah kewanitaan. Semoga bermanfaat dan membantu ya.