7 Tips Ampuh Supaya Tidak Mudah Terserang Penyakit

Banyak orang yang menyepelekan cara membiasakan hidup sehat, tanpa melihat faktor kesehatan dan kebersihan. Kebanyakan dari mereka cenderung mudah jatuh sakit karena berkurangnya kinerja sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara-cara menjaga kesehatan tubuh supaya tidak rentan terkena penyakit.

1. Menjaga Kebersihan Rumah/Lingkungan

Kondisi rumah atau lingkungan yang kotor, dan berantakan akan menjadi sarang penyakit akibat debu, bakteri, jamur, virus yang menumpuk akibat kotoran. Hal ini bisa mengganggu kesehatan tubuh untuk itu menjaga kebersihan rumah atau lingkungan sehari-hari kita juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi kesehatan.

agar terhindar dari penyakit

2. Mencukupi Kebutuhan Vitamin C

Vitamin C berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Untuk itu vitamin C cenderung dibutuhkan lebih banyak oleh tubuh. Jadi mulai sekarang lengkapilah kebutuhan vitamin C dengan cara banyak mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk.

3. Tidur Malam Yang Cukup
Para peneliti telah membuktikan bahwa tidur yang cukup dalam waktu 8 jam penuh, tetapi ada pula beberapa orang yang membutuhkan waktu tidur lebih dari itu. Kurang tidur akan berdampak pada menurunnya daya tahan tubuh sehingga sangat rentan sekali terserang penyakit. Dan telah banyak survei yang membuktikan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan kematian daripada kematian pada orang yang kurang makan.

4. Mengonsumsi Makanan Yang Mengandung Omega 3

Makanan yang banyak mengandung omega 3 seperti ikan salon, tuna dan sayur bayam merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal itu dikarenakan kandungan omega 3 mengandung sistem kekebalan tubuh yang tinggi.

5. Membiasakan Mencuci Tangan Sesudah Beraktivitas

Membiasakan pola hidup bersih, seperti membiasakan mencuci tangan sesudah beraktivitas sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Karena kita sering tidak menyadari banyaknya kuman, virus dan bakteri yang menempel di telapak tangan akan memudahkan masuk ke dalam tubuh.

6. Melakukan Aktivitas Berjalan Kaki

Aktivitas berjalan kaki merupakan kebiasaan yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Dengan membiasakan kebiasaan berjalan kaki akan membuat tubuh merasa bugar dan selalu fit.

7. Kontrol Tingkat Stres

Jika seseorang merasa stress, pasti akan menambah beban pikirannya, otak akan bekerja semakin keras karena terlalu terbebani dengan banyaknya pikiran. Jika kita tidak dapat mengontrolnya hal tersebut sangat mempengaruhi kesehatan, cenderung berasa sering pusing dan nafsu makan berkurang. Untuk mengontrol hal tersebut Anda perlu pergi bertamasya keluar untuk menghibur diri.

Nah itu tadi beberapa informasi yang dapat saya berikan dalam kesempatan ini mengenai tips agar tidak mudah sakit. Semoga bermanfaat dan semoga Anda senantiasa sehat.