5 Tips Ampuh Mencegah Penyakit Diabetes

Delapan  dari sepuluh orang Indonesia banyak yang mempunyai resiko terkena penyakit diabetes. Untuk cara pencegahan penyakit diabetes, berikut ini tipsnya.

1. Memperbanyak Aktivitas Fisik

Berdiam diri dan terus  saja bermalas-malasan adalah suatu kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu kita perlu memperbanyak aktivitas fisik setiap harinya atau dengan cara olahraga secara teratur. Memperbanyak aktivitas fisik tak harus dengan olahraga yang berat. Memperbanyak aktivitas fisik dapat dilakukan dengan rajin membersihkan rumah, membiasakan kebiasaan berjalan setiap pagi, berenang dan lain sebagainya. Latihan fisik seperti itu sangat bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas hormon isulin, hormon isulin sendiri adalah hormone yang membantu menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Jadi, segeralah ubah kebiasaan Anda.



2. Perhatikan Pola Makan Yang Sehat

Dalam artikel-artikel lain yang membahas tentang kesehatan tentu telah banyak yang menjelaskan bahwa sayuran dan buah-buahan merrupakan makanan sehat untuk mengurangi resiko diabetes dengan meningkatkan kontrol gula darah. Selain itu hindari mengonsumsi makanan yang mengandung asam trans atau lemak jahat yang ada pada produk-produk makanan cepat saji.

3. Cek Kesehatan

Dengan rutin mengecek kesehatan, seperti mengecek tekanan darah dan kadar gula merupakan salah satu pencegahan yang wajib dilakukan untuk terhidar dari penyakit diabetes.

4. Hindari Merokok

Kebiasaan merokok selain menyebabkan penyakit diabetes juga dapat menyebabkan timbul penyakit lainnya, seperti kanker dan penyakit jantung. Merokok dapat membunuh kemampuan dari dalam tubuh yang sebelumnya berfungsi untuk mengantur kadar gula dalam darah.

5. Menurunkan Berat Badan

Sebuah riset dan penelitian telah membuktikan bahwa sebanyak 80% penderita diabetes mengalami kelebihan berat badan. Tapi bukan berarti orang yang memiliki tubuh yang kurus tidak bisa terserang penyakit diabetes lho ya. Karena memiliki kelebihan berat badan mempunyai resiko yang cukup tinggi terserang penyakut diabetes. Jadi usahkan Anda mempunyai berat tubuh yang ideal atau normal, hal itu sangat diperlukan karena dalam penelitian telah ditunjukkan bahwa penurunan berat badan orang yang sebelumnya bertubuh gemuk dapat mengurangi resiko diabetes hingga 16%. Jadi, mengontrol dan menjaga berat badan Anda agar tetap ideal itu juga penting.

Demikianlah, informasi seputar pencegahan penyakit diabetes. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di lain kesempatan.