Manfaat Sehat Warna Ungu dalam Sayur dan Buah

Kita pasti sering menjumpai buah dan sayur yang berwarna ungu kan? Seperti, terong ungu, kol ungu, asparagus ungu, plum, blueberry, dan anggur ungu. Tentu saja sudah banyak yang mengetahui bahwa sayur dan buah-buahan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Lantas apa ada perbedaan kandungan buah dan sayuran yang memilik warna ungu dengan warna yang lainnya? Jawabannya pasti memang sudah ada bedanya. Karena warna ungu ini ternyata berasal dari pigmen yang disebut dengan pigmen antosianin yang memiliki banyak sekali kandungan dan manfaatnya. Pasti penasaran kan?

Antosianin adalah senyawa flavonoid yang berperan untuk melindungi sel kulit dari bahaya akan ancaman sinar UV. Dan pigmen ini ternyata juga dapat berperan untuk meningkatkan penglihatan kita di malam hari.
Yang kedua adalah mengandung vitamin B kompleks yang sangat tinggi, dan mengandung vitamin seperti vitamin A, C, E, D dan vitamin K yang sangat baik untuk kesehatan tubuh sesuai dengan fungsi vitamin tersebut hingga dapat menjaga kesehatan tulang.

 Manfaat Sehat Warna Ungu dalam Sayur dan Buah


Yang ketiga adalah mengandung zat Ellagic Acid, zat tersebut adalah zat yang baik ntuk kesehatan khususnya untuk para wanita yang lebih beresiko terkena kanker payudara dari pada pria. Zat tersebut dapat berperan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker payudara.

Kemudian yang keempat adalah mengandung komponen alami seperti salicylates yaitu komponen yang terdapat pada buah dan sayuran ungu yang berfungsi ampuh untuk menurunkan resiko terjangkitnya serangan jantung.

Berikutnya adalah kandungan Riboflavit yang sangat bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah, sistem saraf hingga sumsum tulang. Selain itu zat ini juga mampu berperan untuk mencegah penyakit anemia.

Sekarang sudah lebih paham kan mengenai kandungan apa saja yang terdapat pada buah dan sayur yang berwarna hijau. Ya, terkadang kita sebagai manusia memang buta akan informasi mengenai apa saja kandungan yang terdapat pada setiap makanan atau bahan makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan.