10 Cara Merawat atau Menjaga Kesehatan Jantung

Pada zaman sekarang ini banyak sekali angka kematian akibat penyakit jantung, untuk itu kita perlu menjaga kesehatan jantung. Menjaga kesehatan jantung tidaklah mudah, untuk itu kita harus memastikan memiliki jantung yang sehat. Berikut ini saya mempunyai beberapa tips rekomendasi dari dokter untuk menjaga kesehatan jantung kita. Mari amati tips berikut  :

1. Tidur Malam Berkualitas dan Cukup
Perlu diketahui sebelumnya bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa kebiasaan kurang tidur dapat merusak jantung. Oleh karena itu orang yang kurang akan cenderung memiliki resiko terkena penyakit serius jika dibandingkan dengan orang yang kurang makan. Tidur malam yang berkualitas adalah tidur selama delapan jam penuh, dan ada beberapa orang yang memerlukan tidur lebih dari delapan jam.

cara merawat kesehatan jantung

2. Makan Makanan Sehat
Makanan yang kita kosumsi setiap hari juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung kita. Mengosumsi makan sehat sesuai kebutuhan jantung sangat disarankan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan susu. Hindari makanan yang mengandung korestrol tinggi, banyak mengandung lemak, dan banyak mengandung garam.

3. Berolahraga Secara teratur
Melakukan olahraga teratur sangatlah penting untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu olahraga juga berfungsi untuk menjaga berat badan menjadi ideal sehingga membuat jantung dapat bertugas secara efesien saat memompa. Tentu saja olahraga teratur sangat sulit untuk dilakukan oleh orang-orang sibuk untuk sempatkan berolahraga minimal seminggu sekali. Olahraga yang disarankan bukan olahraga yang berat, kita bisa membersihkan rumah, berjalan santai juga merupakan salah satu olahraga. 

4. Priksa Kesehatan secara Teratur
Sekarang ini sudah tak sulit lagi untuk menemukan akses untuk memeriksakan kesehatan kita ke dokter, kebiasaan tersebut harus masuk dalam agenda jadwal kita tiap beberapa bulan sekali. Hal itu merukapakan kebiasaan yang wajib untuk dilakukan. Memeriksakan kadar kolesterol dan tekanan darah merupakan hal yang harus rutin dikontrol agar memenuhi kadar semestinya yang dinyatakan sehat.

5. Berhenti Merokok
Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain. Banyak orang yang sudah mengetahui bahaya dari kebiasaan merokok tapi mereka tidak menghindari kebiasaan tersebut. Selain menimbulkan efek yang berbahaya pada tubuh kita kebiasaan merokok juga akan berpengaruh terjadap jantung dan pembuluh darah. Ingin memiliki jantung yang sehat? Hindari kebiasaan merokok!

6. Memasak Makanan Sendiri
Memasak sendiri atau makan makanan buatan dapur rumah sendiri lebih menyehatkan daripada kita membeli makanan di luar rumah dan banyak mengosumsi makanan siap saji atau instant. Karena pada saat kita membuat makanan sendiri kita pasti memastikan memilih bahan-bahan yang baik dan sehat untuk diolah.


7. Menghindari Minum Minuman Beralkohol 
Sama seperti kebiasaan merokok, kebiasaan minum minuman yang beralkohol juga merugikan kesehatan diri sendiri karena minuman beralkkohol dapat merusak otot jantung. Kurangi kebiasaan buruk itu tau sebaiknya ditinggalkan. 

8. Banyak Mengonsumsi Buah dan Sayuran
Memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur merupakan hal yang penting bagi kesehatan jantung. Perlu diketahui bahwa di dalam tubuh kita tidak terdapat kandungan vitamin, untuk itu kita perlu melengkapi kebutuhan tersebut dengan mengonsumsi buah dan sayur.

9. Disarankan Minum Teh Hijau Tanpa Gula
Sejak dahulu telah terbukti bahwa teh hijau baik untuk kesehatan jantung karena mengandung antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan pembuluh darah. Seduhlah sendiri teh hijau dan bawa ke manapun Anda pergi, baik itu Anda mau pergi ke kantor atau hanya sekedar berkunjung kesebuah taman.Teh hijau mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung dengan cara mencegah kerusakan pembuluh darah. Seduhlah teh hijau sendiri karena the hijau dalam kemasan botol atau kaleng yang dibeli diluaran belum terjamin khasiatnya. Mengosumsi teh hijau dua kali sehari sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

10. Menganti Camilan Dengan Kacang-kacangan Yang Sehat
Kebiasaan megemil sembarangan mengurangi kesehatan jantung kita karena banyak mengandung kolesterol jahat dan bahan berbahaya lainnya. Untuk itu sangat disarankan menganti camilan dengan kacang-kacangan yang alami dan menyehatkan seperti kacang walnut, dan kacang almond karena telah terbukti bisa menurunkan kolesterol jahat pada darah. Tapi yang perlu diperhatikan adalah, sebaiknya tidak mengonsumsi kacang-kacangan yang berlebihan, cukup sedikit saja dalam sehari sudah dapat melindungi jantung kita.
Demikianlah tips tentang cara merawat kesahatan jantung, terapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang karena kesehatan itu sungguh sangat mahal harganya. Semoga bermanfaat.