Diet Sehat Untuk Penderita Maag

Halo sobat tulisan kali ini saya akan membahas tentang cara diet sehat untuk penderita maag. Menjalani diet bagi kebanyakan orang memiliki masalah tersendiri, khususnya bagi mereka yang menderita penyakit maag. Menjalani diet bagi penderita maag justru akan semakin meningkatkan asam lambung sehingga diet kadang tidak berhasil.

Namun bukan berarti diet tidak cocok bagi yang mengalami penyakit maag, tapi diperlukan perlakukaan khusus dibanding dengan diet yang regular. Program diet pada dasarnya akan mengubah pola makan sehari-hari, sehingga hal ini yang menyebabkan penderita diet susah untuk menjalani karena sulitnya asam lambung dalam beradaptasi.

Jenis dan pola makan menjadi hal yang harus diperhatikan bagi penderita maag untuk bisa menjalani program diet dengan baik. Makanan yang memiliki sifat pedas sangat tidak dianjurkan karena bisa memicu naiknya asam lambung. Selain itu, kebiasaan mengkonsumsi makanan seperti keju, durian, dan kopi sebaiknya dikurangi agar maag tidak kambuh saat melakukan program diet.

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika melakukan diet sehat untuk penderita maag

diet sehat untuk penderita maag

Untuk membantu penderita maag dalam menjalankan program diet, maka kali ini kami akan membagikan informasi yang bisa membuat anda tetap menjalani diet sehat seperti orang-orang pada umumnya.

Hindari Makanan Berlemak
Menghindari makanan-makanan yang berlemak dan makanan pemicu sakit maag lainnya merupakan kunci awal. Makanan seperti gorengan harus dihindari karena kandungan lemak jenuhnya dapat meningkatkan berat badan yang akan membuat diet anda tidak berhasil. Sementara makanan yang pedas juga harus dihindari karena jelas dapat memicu asam lambung. Cokelat dan keju juga tidak dianjurkan untuk dionsumsi karena akan sulit sekali dicerna oleh para penderita maag, sehingga lambung akan kosong dalam waktu yang lama.

Pola Makan Teratur
Setelah anda sudah terbiasa untuk menghindari makanan-makanan di atas, saatnya untuk memulai diet dengan membiasakan diri untuk mengatur pola makan. Hal ini bisa dimulai dengan makan teratur sambil mulai mengurangi porsinya sedikit demi sedikit untuk mengurangi berat badan. Setelah terbiasa makan dengan porsi yang sangat sedikit, lakukanlah rutinitas makan setiap 3 jam sekali agar penyakit maag anda tidak kambuh. Jika anda tidak bisa makan dengan porsi kecil setiap 3 jam sekali, cukup usahakan agar perut tidak kosong.

Kurangi Kafein dan Soda
Hal yang biasanya tidak diperhatikan adalah minuman. Dengan menjaga konsumsi makanan dengan ketat bukan berarti konsumsi minuman bisa dilupakan begitu saja. Bagi para penderita maag, minuman yang mengandung kafein atau soda berpotensi besar untuk meningkatkan asam lambung. Lebih baik ganti dengan air mineral yang selain bisa mengatasi dehidrasi, juga baik untuk kesehatan. Air mineral terbukti dapat membantu menurunkan berat badan karena metabolisme tubuh akan menjadi lancar saat menjalani program diet.

Olahraga
Tips diet sehat untuk penderita maag selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga yang rutin jelas dapat menurunkan berat badan karena kalori dalam tubuh akan terbakar dengan cepat, sehingga potensi untuk gemuk akan berkurang. Dengan olahraga, tubuh anda akan sehat sehingga kambuhnya sakit maag bisa dikurangi.
***
Untuk penderit maag, segala jenis dan tipe program diet sebenarnya bisa diterapkan. Hanya saja, program diet tersebut sebaiknya dilakukan secara bertahap. Jangan langsung melakukan diet seperti pada umumnya, hal ini bertujuan agar lambung bisa menyesuaikan dengan diet yang dijalani secara bertahap dan teratur.


Demikianlah informasi mengenai diet sehat untuk penderita maag. Kunci utama untuk berhasil melakukan diet adalah dengan memperhatikan hal-hal penting yang bisa memicu meningkatnya asam lambung. Dengan melakukan secara teliti, maka bukan hanya berat badan anda yang akan berkurang, namun penyakit maag anda juga bisa sembuh. Semoga bermanfaat.