Menurunkan Kolesterol Dengan Diet Sehat Apa Bisa?

Diantara begitu banyak jenis penyakit, kolesterol yang tinggi merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti bagi semua orang. Tubuh dengan kandungan kadar kolesterol yang tinggi sangat berpotensi untuk terkena berbagai macam penyakit. Kolesterol yang tinggi sangat susah diatasi bagi kebanyakan orang, namun ternyata masalah kolesterol ini dapat diatasi dengan melakukan program diet. Menurunkan kolesterol dengan diet sehat sudah lama dijalani dan diterapkan bagi para penderita kolesterol. Selain menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, diet ini juga membantu tubuh untuk menjadi lebih sehat serta terhindar dari potensi dari berbagai penyakit.
Memulai program diet seperti ini bisa dimulai dengan merubah jenis makanan yang bisanya dikonsumsi. Merubah pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol juga ternyata bisa membantu dalam proses penurunan berat badan.

Makanan Dan Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Diet Sehat

Menurunkan Kolesterol Dengan Diet Sehat

a. Sereal atau Oatmeal

Salah satu cara yang mudah dilakukan untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mengkonsumsi oatmeal secara rutin setiap harinya. Tubuh pada dasarnya membutuhkan kolesterol, namun kolesterol yang berlebih pada tubuh hanya akan menjadi sia-sia dan menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Oatmeal berfungsi untuk menyerap kelebihan kolesterol pada tubuh sehingga kadar kolesterol pada tubuh akan menjadi normal.

Rutin mengkonsumsi 5 sampai 10 serat larut sangat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Kandungan serat larut pada secangkir oatmeal berkisar 4 gram. Untuk mendapatkan serat larut yang lebih, anda bisa mencoba menambahkan buah-buahan sebagai campuran oatmeal. Kandungan serat yang kaya pada buah-buahan sangat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

b. Menghindari Makanan Berlemak Jahat

Lemak merupakan salah satu kebutuhan bagi tubuh. Lemak sendiri terdiri dari berbagai jenis, ada yang baik dan banyak juga lemak yang bisa mengganggu atau menimbulkan penyakit seperti lemak jahat. Lemak jahat sangat berpotensi menimbulkan kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh.

Menurunkan kolesterol dengan diet sehat bukan berarti menghilangkan konsumsi lemak, namun harus teliti dengan memilih jenis lemak yang tidak terlalu membahayakan kesehatan tubuh. Lemak jahat merupakan jenis lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, sehingga jenis lemak ini harus dihindari.

Jenis lemak yang baik bagi tubuh adalah asam lemak omega-3. Selain untuk menurunkan kolesterol, asam lemak omega-3 ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya pembekuan darah sehingga mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-3 adalah jenis ikan-ikanan seperti ikan salmon, makarel, dan juga ikan sarden. Ikan dengan jenis ini sangat baik dan aman untuk dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalani diet. Namun bagi anda yang ingin menurunkan kolesterol namun tidak suka mengkonsumsi ikan, anda bisa mengkonsumsi minyak ikan atau minyak canola. Ke dua jenis minyak ini juga bagus untuk menurunkan kolesterol.

Demikian ulasan mengenai menurunkan kolesterol dengan diet sehat, semoga bermanfaat bagi anda yang memiliki kolesterol tinggi.