Diet Sehat Tanpa Makan Nasi Berbahayakah?

Tubuh yang memiliki berat berlebih terkadang membuat produktivitas kerja menurun dan sering menyebabkan turunnya kepercayaan diri. Hal ini biasanya diatasi dengan melakukan program diet. Melakukan diet merupakan hal yang sangat berat untuk dijalani oleh kebanyakan orang karena berubahnya pola makan yang biasanya dilakukan.
Ada banyak jenis program diet yang bisa dilakukan, salah satunya adalah diet tanpa nasi. Namun diet jenis ini terbilang ekstrim untuk dilakukan apalagi bagi orang Indonesia. Pola makan yang pada umumnya dilakukan oleh orang indonesia adalah dengan memasukkan nasi sebagai makanan pokok. Lantas ketika melakukan diet tanpa nasi maka tubuh biasanya akan sangat sulit untuk beradaptasi.

Manfaat Diet Sehat Tanpa Makan Nasi

diet tanpa nasi

Tahukah anda bahwa diet sehat tanpa nasi merupakan jenis diet yang dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Diet ini juga terbilang sehat karena sangat cocok bagi orang yang mengalami penyakit diabetes atau jantung. Dalam menu diet sehat ini, nasi biasanya diganti dengan ubi atau singkong sehinga kebutuhan karbohidrat masih bisa tercukupi.

Pola makan saat melakukan diet tanpa nasi adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi pada pagi hari. Hal ini bertujuan agar proses penyerapan lemak saat siang hari bisa terjadi secara optimal. Sedangkan pada malam hari, ada bisa mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi.

Berikut kami akan memberikan panduan dalam melakukan diet sehat tanpa nasi.

1. Awali pagi hari anda dengan mengonsumsi buah-buahan segar serta segelas susu rendah lemak. Anda juga bisa mencoba smothies yang merupakan kombinasi dari susu dan buah. Atau jika anda merasa bosan, anda bisa mencoba berbagai varian seperti oatmeal atau sereal. Konsumsi makanan seperti ini sudah cukup untuk memenuhi nutrisi tubuh dalam melakukan aktivitas.

2. Saat melakukan aktivitas dan anda sudah merasa lapar, anda bisa mengkonsumsi roti tawar, telur rebus, atau salad sayur dengan campuran minyak zaitun. Makanan ini berfungsi untuk sekedar mengganjal perut.

3. Saat memasuki makan siang, anda sudah bisa menikmati makanan enak seperti ikan, ayam, dan berbagai jenis daging merah. Namun yang perlu dicatat adalah dengan tidak menyertakan nasi ke dalam menu. Jenis makanan yang tinggi protein seperti ini bisa anda sajikan dengan cara direbus atau dipanggang.

4. Jadwal makan malam pada program diet sehat tanpa nasi adalah pada pada pukul 16.00 sore. Untuk mencegah makan malam dengan porsi yang berlebih, biasakan untuk meminum jus buah atau sayuran sehingga perut akan terisi. Hal ini bertujuan untuk mengontrol nafsu makan yang berlebih.

5. Untuk penutup, anda bisa mengkonsumsi salad sayur atau kentang tumbuk dengan campuran mentega.

Saat melakukan diet ini, sangat dianjurkan untuk mengudap makanan sekitar tiga kali. Hal ini bertujuan agar proses pembakaran lemak terjadi lebih cepat yang akan berdampak dengan seimbangnya proses penurunan berat badan. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba diet sehat tanpa nasi.

Baca Juga : Menurunkan Kolesterol Dengan Diet Sehat Bisakah?