Teknik Praktis Cara Merawat Anggrek di Rumah Anda

Cinta dan kasih sayang seseorang kadang-kadang dilambangkan dengan sebuah bunga. Anggrek salah satunya yang menjadi lambang kasih sayang anda kepada wanita yang anda cintai. Anggrek adalah bunga yang umumnya tumbuh secara parasit dengan cara menempel pada pohon induknya yang bukan merupakan bagian dari anggrek itu sendiri.Banyak cara yang coba dilakukan para ahli tanaman untuk meluaskan dan memudahkan dalam menanam dan merawat tanaman yang indah ini. Kini telah dikembangkan anggrek yang bisa tumbuh dengan cara di tanam di pot. Warna yang dimiliki anggrek bermacam-macam. Ada yang berwarna putih, orange, dan violet. Oleh karena warna dan wanginya yang memikat, banyak dari masyarakat terutama kaum wanita yang berusaha untuk menanam anggrek di pekarangan rumah atau di terasnya masing-masing. Selain indah dan wangi, suasana yang diciptakan pun membuat anda rileks dan membuat hati ceria. Hingga kini orang-orang atau mungkin anda sebagai pecinta anggrek berusaha untuk membudidayakan dan mencari cara merawat anggrek dengan berbagai variates. Hal ini bisa jadi juga didorong selain faktor hobi, juga menjadi sebuah lahan bisnis yang menguntungkan pastinya. Berikut beberapa hal yang bisa kami bagikan untuk anda perihal merawat anggrek.

Cara Merawat Anggrek Dalam Pot




Cara merawat anggrek melalui media pot tentu ada ilmu dan tahapannya. Mulai dari penanaman hingga pemeliharaan yang meliputi pemupukan dan penyiraman. Media pot yang akan ditanami anggrek haruslah mengandung arang, pecahan batu bata, sabut kelapa dan kayu bakar yang sudah lapuk. Adapun pemeliharaannya yaitu yang pertama adalah pemupukan. Dimana menggunakan pupuk kimia ataupun pupuk kandang. Kandungan berguna yang dimiliki oleh pupuk untuk pertumbuhan anggrek antara lain nitrogen, fosfor, potassium, kalium, kalsium, magnesium dan sulfur. Adapun penyiramannya merupakan bagian yang terpenting juga. Dengan ketersediaan air yang cukup akan berpengaruh pada pertumbuhan anggrek yang baik. Hal ini karena air merupakan pengatur tekanan sel, pengatur temperatur anggrek dan bahan pengisi sel tanaman anggrek.

Cara Merawat Anggrek agar terus berbunga

Untuk mengetahui cara merawat anggrek agar terus berbunga anda perlu mengatur tingkat pencahayaan matahari terhadap tanaman anggrek anda. Cukup 20% saja dengan cara diberi naungan berupa plastik atau tanaman yang merambat seperti pohon anggur. Sirkulasi udarapun sangat diperlukan untuk pertumbuhan anggrek. Gunanya untuk mengatur tingkat kelembaban dis ekitar tanaman anggrek anda. Dalam hal penyiraman, lakukan sehari 2 kali pada saat pagi hari dan sore hari dengan menggunakan air yang bersih dan tidak tercemar. Untuk menangkis dari serangan hama, anda harus melakukan penyemprotan cairan anti jamur sekali dalam seminggu pada sore hari. Untuk nutrisinya, anda berikan pupuk yang mengandung kalsium, fosfor dan kalium dengan rutin sekali dalam 2 minggu. Campurkan dengan air dulu pupuk tersebut sebelum disiramkan.

Tanaman akan lebih sempurna hasilnya, jika anda terus konsisten menjaga dan merawat tanaman anda hingga berbuah atau berbunga. Banyak sekali hal yang bisa dipetik manfaat ketika anda merawat tanaman anda terutama anggrek. Hobi dan bisnis yang akan menjadikan tanaman anggrek ini tetap bertahan dan berkembang hingga saat ini. Demikian sekilas tentang cara merawat anggrek di rumah anda. Semoga apa yang anda rawat memberikan hasil yang terbaik yang akan kembali lagi manfaatnya kepada anda juga.Selamat mencoba dan berusaha.