Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami

Anda pernah mengalami sakit tenggorokan? Atau bahkan saat ini sedang mengalami sakit tenggorokan? Berarti anda perlu tahu cara megatasi sakit tenggorokan. Dalam tulisan ini akan dibahas cara mengatasi sakit tenggorokan khususnya dengan cara dan bahan alami. Dengan pengobatan bahan alami dijamin aman dan relatif tanpa efek samping. Sebelum kita bahas caranya sebaiknya Anda tahu apa sih penyebab sakit tenggorokan itu? Sakit tenggorokan itu disebabkan oleh berbagai faktor seperti terkena flu, terkena infeksi oleh bakteri atau virus, iritasi pada membran mucus tenggorokan, akibat batuk kronis, akibat bicara dalam jangka waktu yang lama dan lain-lain.

Beberapa Cara mengatasi sakit tenggorokan

cara mengatasi sakit tenggorokan

Berkumur dengan kunyit dan air garam

Caranya yaitu campurkan ¼ sendok teh kunyit dan ½ sendok teh garam kedalam segelas air hangat. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi bahkan menyembuhkan sakit tenggorokan dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Minum jus lemon tanpa gula

Campurkan dua sendok air perasan jeruk lemon lalu campurka dengan segelas air hangat. Minum 2 sampai 3 kali sehari, jangan pakai gula. Memang rasanya agak asam tapi itu bisa mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan. Hal ini karena lemon mengandung vitamin c tinggi. dibandingkan dengan meminum vitamin c yang kemasan botol lebih baik menggunakan langsung dari perasan jeruk lemon. Minum setengah jam sampai sejam sebelum makan supaya vitamin c nya cepat diserap. Meminum air lemon setelah makan justru akan meningkatkan asam lambung.

Perbanyak Konsumsi Air Mineral

Ketika anda sakit tenggorokan dianjurkan untuk banyak meminum air mineral. Dengan meminum air mineral maka akan menjaga kelenjar lendir tetap lembab. Banyak meminum air mineral juga akan meningkatkan daya tahan tubuh dan membuang racun dan bibit penyakit dari dalam tubuh. Supaya lebih manjur bacakan doa atau kata-kata positif terhadap air supaya molekul air menjadi cantik dan berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit.

Mengkonsumsi Teh Hangat

Teh merupakan zat yang berfungsi sebagai antioksidan. Teh dipercaya secara turun temurun dan secara medis merupakan zat yang bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh dan memperbaiki sel-sel tubuh. Minumlah teh hangat untuk membantu proses penyembuhan sakit tenggorokan, supaya khasiatnya lebih ajib, tambahkan madu atau jahe. Madu berfungsi juga sebagai pembunuh bakteri dan jahe sebagai penghangat tenggorokan.

Mengkonsumsi Sup Ayam

Mengatasi sakit tenggorokan berikutnya dengan sup ayam. Sup ayam dikenal sebagai makanan yang bisa meredakan flu dan pilek.  Sup ayam berguna untuk mencegah virus masuk kedalam tubuh. Untuk menambah khasiat sup ayam anda bisa tambahkan lobak, wortel, kacang polong, seledri atau sayuran lainnya.

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Pisang

Pisang kaya akan Vitamin B6, vitamin C dan kalium. Zat ini sangat baik dalam membantu proses penyembuhan sakit tenggorokan. Selain itu tekstur pisang yang halus ini akan mudah ditelan ketika sakit tenggorokan

Nah itulah beberapa cara mengatasi sakit tenggorokan secara alami, semoga bermanfaat