Penyebab Berat Badan Susah Turun

Persoalan berat badan merupakan hal yang sangat kompleks bagi kebanyakan orang. Banyak cara dilakukan agar berat badan turun. Namun banyak juga yang tidak berhasil karena tidak mengetahui penyebab berat badan susah turun. Ketika seseorang memiliki berat yang berlebih, rasa kurang percaya diri sering ditimbulkan dengan sendirinya. Ketika hal seperti ini terjadi, maka diet sudah menjadi sebuah pilihan wajib agar bisa mendapatkan tubuh yang ideal. Tubuh yang ideal sendiri adalah tubuh yang memiliki keseimbanagan antara tinggi badan dengan berat badan.

Tubuh yang seperti ini merupakan dambaan semua orang karena memiliki banyak keuntungan. Selain cocok untuk mengenakan pakaian apa saja, tubuh ideal juga akan menjadi pusat perhatian bagi semua orang. Hal seperti inilah yang mendasari orang berlomba-lomba untuk berdiet. Namun sayangnya, tidak semua program diet bisa memberikan hasil yang memuaskan.

Ini dia penyebab berat badan susah banget turun

Penyebab Berat Badan Susah Turun

Bagi anda yang sedang berdiet namun belum mendapatkan hasil yang sesuai harapan, mungkin anda akan bertanya-tanya apa sebenarnya penyebab berat badan anda susah turun. Untuk kondisi tertentu, memang ada sebagian orang yang sangat susah dalam menurunkan berat badan sekalipun telah menjalani serangkaian program diet.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan hal seperti ini terjadi. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa alasan penyebab berat badan suruh turun meskipun anda sudah menjalani program diet secara ketat.

Latihan Berat Tanpa Mengontrol Kalori
Olahraga adalah salah satu pendamping terbaik saat melakukan diet. Olahraga berat seperti angkat beban sangat terbukti dapat membakar lemak secara efektif, sehingga sangat membantu dalam menurunkan berat badan. Namun olahraga yang berat sangat menguras energi, sehingga saat istirahat anda akan terpancing untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi.

Hal seperti inilah yang jarang diperhatikan dan bisa membuat anda kesulitan dalam menurunkan berat badan. Kalori memang sangat dibutuhkan untuk melakukan latihan yang berat, namun jika anda tidak dapat mengontrolnya, maka kalori yang berlebihan hanya akan menumpuk dan disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Jelas hal seperti ini akan membuat kerja keras anda menjadi sia-sia.

Kurang Tidur
Ambisi berlebih dalam menurunkan berat badan kadang membuat waktu tidur menjadi berkurang. Waktu tidur lebih banyak dihabiskan untuk melakukan latihan demi latihan agar bisa mendapatkan hasil yang cepat. Namun sebenarnya hal ini justru semakin membuat berat badan anda susah untuk turun.

Kurang tidur hanya akan membuat daya tahan tubuh menjadi menurun. Daya tahan tubuh yang menurun bisa mengakibatkan proses metobolisme tubuh menjadi terhambat. Selain itu, kurang tidur juga dapat mengakibatkan meningkatnya nafsu makan sehingga akan berimbas pada berat badan anda.

Konsumsi Minuman Manis
Sebuah program diet akan memaksa untuk merubah pola makan anda. Mulai dari mengurangi porsi makan, menghindari makanan tertentu, hingga menghindari jadwal makan tertentu seperti makan malam. Akan tetapi, konsumsi kalori dari minuman yang manis kadang tidak menjadi perhatian. Hal kecil seperti inilah yang kadang menjadi penyebab berat badan susah turun.

Kalori pada umumnya diketahui berasal dari makanan, namun sebenarnya minuman juga menjadi salah satu penyumbang utama bagi kalori dalam tubuh. Kalori pada minuman manis ini kadang berasal dari minuman yang sehat seperti jus buah. Meski jus buah sangat baik untuk anda yang sedang berdiet, namun anda juga sebaiknya memperhatikan kandungan kalori yang terdapat pada buah tersebut.
***

Selain hal-hal di atas, penyebab berat badan susah turun biasanya ditimbulkan dari dalam diri sendiri. Motivasi dan konsistensi merupakan hal utama yang dibutuhkan dalam proses menurunkan berat badan. Dengan melakukan diet secara teliti dan konsisten, maka tubuh yang ideal bukanlah hal yang mustahil untuk diraih.