Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Lapar



Salah satu masalah utama dalam proses menurunkan berat badan adalah rasa lapar. Rasa lapar yang muncul secara terus menerus menjadi salah satu penyebab gagalnya berbagai macam program diet. Hal ini umumnya disebabkan karena pola diet yang membatasi jumlah asupan makanan secara drastis dibanding biasanya. 

Banyak cara yang sering digunakan untuk menghilangkan rasa lapar saat diet. Mengganti pola diet dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayur dan buah merupakan salah satu cara yang sering digunakan. Hal ini bertujuan agar perut merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan bisa terkontrol.

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Lapar

Mungkin anda sudah mencoba cara seperti itu, namun rasa lapar masih saja datang meskipun asupan makanan dianggap sudah cukup. Hal ini sebenarnya bisa disebabkan karena dua hal, perut anda memang dalam kondisi yang sangat kosong sehingga merasa lapar, atau bisa juga karena rasa lapar itu muncul sebagai sinyal yang dikirmkan oleh otak karena anda melihat makanan tertentu.

Dalam proses menurunkan berat badan tanpa lapar, sangat perlu untuk mengetahui penyebab rasa lapar yang timbul. Berikut kami akan berikan berbagai penyebab rasa lapar yang sangat penting untuk diketahui agar program diet anda bisa terkontrol.

Lapar atau Mengidam?
Terkadang, membedakan rasa lapar dan mengidam agak susah. Mengidam adalah kondisi dimana otak sangat menginginkan makanan tertentu. Mengidam tidak hanya dialami oleh orang hamil, orang yang dalam kondisi normal juga bisa mengalami hal ini. Indikasi mengidam adalah ketika muncul perasaan ingin makanan dengan jenis tertentu seperti pedas atau manis. 

Mengidam biasanya disebabkan karena tubuh sedang kekurangan asupan vitamin, mineral, atau zat-zat lainnya. Ketika tubuh sedang kekurangan zat-zat tertentu, maka sistem pencernaan akan secara otomatis memerintahkan otak untuk mengkonsumsi makanan tertentu sebagai langkah untuk memenuhi kekurangan tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jumlah asupan vitamin, mineral, dan zat-zat lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga anda bisa mengontrol rasa lapar dengan baik.

Selain faktor kekurangan nutrisi, penyebab lain munculnya rasa lapar atau perasaan ingin makan saat berdiet adalah gaya hidup. Gaya hidup yang kurang sehat menjadi salah satu faktor penyebab gagalnya proses menurunkan barat badan. Berikut beberapa contoh gaya hidup yang bisa memicu munculnya rasa lapar saat melakukan program diet:

·   

   Konsumsi Gula. Program diet biasanya memasukkan menu minumam seperti jus buah atau teh. Namun kebiasaan menambahkan campuran gula pada minumam merupakan hal yang harus dihindari. Gula sangat berperan penting dalam memicu naiknya berat badan.
 
    Kurang Tidur. Gaya hidup kaum urban yang sangat aktif membuat waktu tidur menjadi berkurang. Tidur merupakan hal yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memulihkan tenaga setelah melalui berbagai macam aktivitas seharian. Tubuh yang kurang tidur akan lebih cenderung untuk merasakan lapar dibanding dengan tubuh yang cukup tidur.

     Latihan Kardio. Bagi orang yang sedang melakukan program diet, biasanya menyertai dengan aktivitas olahraga seperti kardio. Namun ternyata latihan kardio bisa menyebabkan rasa lapar yang berlebihan jika melakukannya dalam intensitas yang sedang. Jadi bagi anda yang melakukan kardio sebagai pendamping diet, biasakan untuk melakukan kardio dengan intensitas tinggi dan waktu yang cepat. 

     Visualisasi. Rasa lapar saat diet sangat sering muncul dari diri sendiri. Menonton acara kuliner salah satu contoh yang bisa merangsang otak untuk mencicipi makanan tersebut. Di sinilah tugas dari otak anda untuk terbiasa mengontrol apa yang anda lihat.
  
Cukup dengan mengetahui hal-hal yang bisa memicu rasa lapar di atas, maka anda bisa menjalankan program diet apa saja tanpa perlu khawatir lagi dengan rasa lapar. Anda hanya perlu menghindari hal-hal di atas serta terbiasa untuk mengontrol pikiran dari rasa lapar. Semoga ulasan mengenai menurunkan berat badan tanpa lapar ini bermanfaat bagi anda.