Teknik Perawatan Rambut Rontok Ala Tradisional Dan Pijatan

Rambut rontok adalah masalah kritis yang bisa dialami oleh siapa saja. Saat hal tersebut terjadi, pasti banyak keputusasaan dan rasa frustasi yang hadir karena ketakutan rambut yang rontok tersebut akan semakin parah hingga menghabiskan seluruh rambut yang ada di kepala kita. Namun, jika Anda melakukan perawatan rambut rontok yang tepat dan efektif, maka perasaan dan pemikiran negatif tersebut bisa ditepis dan dihilangkan.

Mau tahu tentang teknik perawatan yang tepat untuk rambut rontok Anda, artikel berikut ini akan mencoba menjabarkannya. Berikut penjelasannya :

   1.       Perawatan Rambut Rontok Secara Tradisional

perawatan rambut rontok


Cara pertama yang bisa dipilih adalah menggunakan bahan bahan dan teknik tradisional. Masih banyak yang menggunakan cara ini karena berbagai alasan, diantaranya lebih terjamin keamanan dan efek sampingnya, lebih murah bahan dan biaya perawatannya, serta telah dibuktikan secara turun temurun oleh orang tua kita di zaman dulu.

Bahan tradisional yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan perawatan rambut rontok yang dimaksud antara lain :

·         Lidah buaya

Tanaman yang memiliki nama latin Aloe Vera ini mudah ditemukan di berbagai tempat. Bahkan kalau kita punya keinginan, tanaman ini bisa ditanam dan dibudidayakan di halaman rumah kita. Sejak jaman dahulu kala, lidah buaya sudah dikenal memiliki manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan rambut, dan beberapa merk shampoo sudah menggunakannya sebagai bahan dasar pembuatan produk mereka.

Cara melakukan perawatan untuk rambut rontok menggunakan lidah buaya adalah dengan mengambil beberapa batang, kemudian mengupas kulit luarnya hingga keluar lendirnya. Oleskan lendir dari lidah buaya tersebut ke rambut di malam hari, gunakan penutup kepala seperti handuk atau kain khusus dan diamkan semalaman. Pagi hari, bersihkan rambut dengan keramas menggunakan shampoo yang mengandung lidah buaya juga. Lakukan hal tersebut secara rutin 2 kali dalam seminggu, dan lihat hasilnya beberapa minggu ke depan. Rambut Anda pasti akan berhenti rontoknya, dan akan tumbuh dengan lebih lebat dan hitam.

·         Daun seledri

Bahan alami yang kedua adalah seledri. Bahan ini mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti zat besi, vitamin A, kalsium, natrium, dan vitamin B. Selain banyak nutrisinya, bahan alami ini sangat mudah didapatkan di pasar tradisional maupun supermarket dengan harga yang murah.

Cara penggunaan seledri ini adalah dengan memakainya sebagai pengganti shampoo dan balurkan seluruh seledri ke seluruh rambut hingga mengenai lapisan kulit kepala. Setelah itu, langsung bersihkan dengan keramas hingga bersih.

            2.       Perawatan Rambut Rontok Dengan Pijatan

Selain menggunakan bahan tradisional dan alami di atas, Anda pun bisa melakukan perawatan rambut rontok dengan teknik pemijatan. Untuk mendapatkannya, ada banyak klinik yang bisa digunakan jasanya. Namun bagi Anda yang mau mencobanya sendiri, maka berikut adalah teknik pemijatan yang bisa dicoba.

Pertama tama, siapkan minyak wijen, minyak almond atau minyak essensial lavender sebagai pelumas untuk upaya pemijatan yang dilakukan. Pijat dan urutlah kulit kepala dari bagian bawah menuju ke atas. Pijat juga bagian dahi dari tengah dengan menggunakan kedua tangan menuju ke samping telinga.

Pijatan yang dilakukan ini akan merangsang folikel rambut agar memiliki sirkulasi yang lancar sehingga bisa menumbuhkan rambut dengan lebih lebat dan panjang sehingga permasalahan kerontokan bisa segera teratasi. Kalau Anda masih ragu dengan teknik pijatan yang dimaksud dan tetap ingin mencoba memijat sendiri untuk meminimalisir pengeluaran, maka cobalah gunakan jasa pijat terapi untuk pertama kali, ketahui tekniknya, kemudian tiru sendiri di rumah.


Semoga informasi tentang dua jenis teknik perawatan rambut rontok yang dibagikan ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba J